6 Cara Hemat Kapasitas Penyimpanan di iPhone 16GB

Senin, 23 November 2015 | 18:24

Apakah kamu menggunakan iPhone dengan kapasitas penyimpanan 16GB? Pasti sering sekali merasa tersiksa karena kapasitas tersebut terasa sesak. Menjualnya dan membeli iPhone baru dengan kapasitas 64GB atau 128GB pastinya bukan solusi yang murah. Mari stop berkeluh kesah dan cobain beberapa tips berikut ini:

Hapus Foto yang Tidak Berguna! Simpan di Cloud Service

Bagi kamu yang menggunakan iOS 9, coba cek di Settings > General > Storage & iCloud Usage. Masuk ke list Storage > Manage Storage lalu tunggu hingga proses loading selesai. Aplikasi apa yang paling memakan tempat? Photos! Ya, perangkat iPhone dengan kamera 8MP memang menghasilkan foto yang indah tetapi juga boros tempat penyimpanan.

Solusinya adalah menghapus foto yang sudah tidak kamu gunakan. Ingat, di iOS 9 ada fitur swipe untuk memilih sederetan foto secara cepat dan langsung hapus. Jangan lupa juga di iOS 9 ini semua foto yang kamu hapus tidak otomatis hilang. Tapi masih tersimpan di folder Recently Deleted jadi kamu harus menghapusnya dari sana.

Sebagai tambahan, kamu tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk menghapus foto berupa Screenshot di iOS. File gambar ini tidak memakan tempat terlalu banyak. Fokus saja pada foto atau video hasil jepretan kamu.

Masih seputar foto, kamu juga bisa memanfaatkan layanan simpan dokumen di awan untuk foto. Mulai dari iCloud Drive, Google Photos atau Dropbox. Silahkan pilih mana yang paling pas dengan kebutuhan kamu dan kapasitas penyimpanan yang disediakan.

meminimalisirÂAplikasi yang Ada di iPhone

Pasti ada di antara kamu yang suka mengoleksi beragam aplikas, ini juga penyakit yang membuat perangkat iOS kamu cepat sekali kehabisan memori. Gunakan saja aplikasi secukupnya dan multiguna. Misalkan untuk mengedit gambar silahkan batasi jadi 3 aplikasi saja misal. Saya sendiri mengandalkan Snapseed untuk mengedit foto dengan bebas, Typorama untuk memberi efek teks dan Pixelmator untuk editing yang lebih detail atau fitur-fitur ala Adobe Photoshop. Tiga itu saja sudah lebih dari cukup untuk saya. Bagaimana dengan kamu?

Baca Juga:

Hapus Document & Data dari Aplikasi Sosial Media

Facebook, Twitter, Path dan aplikasi sosial media lainnya adalah deretan aplikasi yang memakan banyak memori untuk menyimpan Document & Data. Gunanya adalah membentuk cache files supaya kamu tidak perlu menunggu alias loading lagi ketika membuka konten yang sama.

Nah untuk menghapus Document & Data ini langkahnya sama dengan point pertama. Masuk ke Settings > General > Storage & iCloud Usage lalu Manage Storage. Pilih aplikasi Facebook misalnya lalu tekan Delete App, aplikasi tersebut akan terhapus dan kamu tinggal unduh ulang.

Instal Games Secukupnya, Jangan 'Brutal'

Sebagai pengguna perangkat iPhone atau iPad, kamu pasti doyan menikmati games dengan grafis yang detail dan tajam. Sering sekali karena terlalu banyak games, kamu tidak lagi betah bermain dan memutuskan untuk berganti ke games lainnya. Silahkan kurangi kebiasaan tersebut ya!

Instal dan mainkan hanya beberapa games yang memang benar-benar kamu suka dan butuhkan. Jika games tersebut sudah selesai atau kamu sudah betul-betul butuh penyegaran, unduh games lainnya. Putuskan juga apakah games lawas tadi akan kamu hapus atau tetap pertahankan.

Saya sendiri selalu berusaha untuk mengelompokkan games di perangkat iOS menjadi beberapa folder. Misalkan folder Games Wajib untuk yang tidak akan dihapus, Games Baru untuk yang sedang dicoba-coba serta Games Online untuk deretan games yang mewajibkan koneksi internet.

Apple Music: Jangan Download, Streaming Saja

Bagi kamu yang menggunakan layanan Apple Music, silahkan untuk lebih cermat lagi dalam mengunduh lagu yang ingin kamu dengarkan. Sebaiknya kamu hanya mengunduh lagu yang benar-benar disukai, sisanya silahkan streaming. Misalkan dalam sebuah album musik kamu hanya gemar mendengarkan beberapa lagu, unduh saja lagu tersebut. Sisanya kan tidak harus kamu unduh dan memenuhi perangkat iOS.

Sebagai catatan, streaming lagu tentunya membutuhkan koneksi internet yang kencang dan stabi, sekaligus bebas kuota supaya tidak membuat kamu terlilit tagihan yang membengkak.

Menabung dan Belilah Flash Drive untuk iPhone

Kamu bisa membeli Flash Drive yang mendukung port Lightning sebagai media penyimpanan tambahan, terutama untuk foto, video dan lagu. Kegiatan paling realistis adalah saat bepergian di aktifitas outdoor selama beberapa hari untuk mengambil video atau foto, tidak bisa membuka komputer untuk backup foto atau unggah ke cloud service.

Di kondisi tersebut kamu bisa mengandalkan SanDisk iXpaand, Leef iBridge atau iKlips yang memiliki kapasitas mulai dari 16GB sampai 128GB. Gunakan aplikasi bawaan dari setiap merek tersebut untuk mencadangkan foto kamu atau sebaliknya yaitu buka di perangkat lain.

Baca Juga:

Akhir Kata

Saya sendiri pernah menggunakan iPhone 5s 16GB dan sangat tidak betah. Selain karena harus menginstal banyak aplikasi setiap minggunya untuk menulis roundups app dan games, saya gemar sekali memotret dan membuat kapasitas penyimpana cepat penuh. Bagaimana dengan kamu, betah dengan iPhone 16GB dan ingin mencoba tips di atas? Atau malah sedang menabung untuk membeli iPhone 6s 64GB mungkin? Bagikan di tautan komentar ya!

Toko Reparasi di Tiongkok Bisa Ganti Memori iPhone 16GB Jadi 128GB

Editor : Bagus Hernawan