Harvest Moon: Seeds of Memories Akan Hadir Di iOS Sebentar Lagi!

Jumat, 08 Januari 2016 | 17:59

Jika kalian adalah penggemar video game, yang pada saat ini berumur kurang lebih 20 tahun dan saya berbicara kepada kalian mengenai sebuah game klasik tentang simulasi bertani, maka bisa saya pastikan bahwa apa yang ada di pikiran kalian adalah Harvest Moon.

Tenang saja, saya bisa tahu mengenai hal itu bukan karena saya seorang cenayang, tetapi lebih kepada logika sederhana. Faktanya, game klasik yang dirilis pertama kali untuk platform Super Nintendo Entertainment System ini memang sangat populer pada masanya. Sampai sekarang pun, tidak bisa dipungkiri jika para gamer veteran dan para pecinta game klasik masih berharap seri Harvest Moon tetap terus dipertahankan.

Saya sebagai salah satu pecinta game klasik, juga mengharapkan hal yang sama. Dan sepertinya pada awal tahun 2016 ini, harapan kita bersama bahwa seri Harvest Moon agar tetap berlanjut akan segera terwujud.

Sekilas Cerita Dibalik Seeds of Memories

Pada tahun lalu, Harvest Moon: The Lost Valley yang dirilis untuk platform Nintendo 3DS sempat dianggap sebagai akhir dari berlangsungnya seri Harvest Moon. Penyebabnya? Tidak lebih dan tidak kurang karena tim pengembang Marvelous Entertainment, tim yang bekerja dibalik seri Harvest Moon ini tidak lagi bekerja sama dengan publisher Natsume. Mereka beralih, bekerja sama dengan publisher Xseed. Akibatnya, Marvelous Entertainment tidak lagi dapat menggunakan nama Harvest Moon. Dan sebagai gantinya, mereka menggunakan judul Story of Seasons untuk melanjutkan seri game yang mereka buat.

Publisher Natsume mempunyai hak penuh atas nama Harvest Moon, itulah kenapa para tim pengembang Marvelous Entertainment tidak lagi dapat memakai nama Harvest Moon sebagai nama game mereka. Publisher Natsume akhirnya memutuskan untuk bekerja sendiri, menjadi sebuah pengembang sekaligus publisher mandiri, sampai pada akhirnya merilis Harvest Moon: The Lost Valley sebagai game pertama mereka.

Awal Munculnya Seeds of Memories

Menjelang akhir tahun 2015 kemarin, tepatnya tanggal 2 September, produser dari Harvest Moon: The Lost Valley, Taka Maekawa mengatakan bahwa beliau beserta segenap tim sedang mengerjakan seri Harvest Moon terbarunya yang berjudul Harvest Moon: Seeds of Memories. Namun, jika seri Harvest Moon sebelumnya hanya dibuat untuk platform 3DS, maka versi terbarunya ini justru akan tersedia untuk lebih banyak platform, diantara lain Wii U, PC, Android, dan tentu saja tidak ketinggalan iOS.

Ciri Khas Seri Harvest Moon Tetap Dipertahankan

Taka Maekawa sekali lagi menjelaskan bahwa untuk mempertahankan ciri khas seri Harvest Moon, semua kegiatan dan interaksi yang dapat pemain lakukan pada seri Harvest Moon lama akan tetap hadir pada game terbarunya. Pemain dapat bercocok tanam, mencari berbagai tanaman dan bahan makanan di hutan, memancing, menambang, melatih dan berternak binatang dan tentu saja berinteraksi dengan para NPC di penjuru kota.

Tujuan utama pada game ini juga masih tetap sama, yaitu untuk mencapai kesuksesan. Hal ini memberikan pemain kebebasan untuk membuat karakter dengan tujuan yang berbeda. Karena kesuksesan hanya dapat diukur oleh pemain sendiri, maka semuanya diserahkan kembali kepada pemain. Apakah kesuksesan yang berarti karakter mereka dapat menghasilkan uang yang banyak dari hasil bekerja, kesuksesan dalam hal berkeluarga, atau bahkan memilih kesuksesan karena mendapatkan kedua hal tersebut bersamaan.

Seperti layaknya sebuah game tentang simulasi bertani, tidak terdapat banyak perubahan dari sisi gameplay lainnya. Pemain akan menyiapkan tanah sebelum ditanami, menanam bibit, lalu kemudian menyiraminya dengan air. Tanaman tentunya tidak akan tumbuh begitu saja secara instan, maka setelah sibuk bertani, pemain dapat mengunjungi tetangga untuk mengobrol.

Pusat kota akan menjadi tempat dimana setiap acara festival dan event spesial tiap musim diadakan, maka jika mengobrol dengan tetangga saja terdengar membosankan, pemain bisa memilih untuk pergi ke pusat kota untuk mencari tahu tentang event apa yang akan diadakan selanjutnya, sehingga pemain dapat bersiap-siap jauh sebelum event berlangsung.

Para Karakter Dan Bagaimana Mereka Berinteraksi

Sebagian dari kalian mungkin mulai bertanya, mengapa saya harus berinteraksi dengan para tetangga? Apa saya tidak bisa fokus dengan pekerjaan dan mencari uang saja? Perlu saya jelaskan sekali lagi bahwa Harvest Moon: Seeds of Memories adalah sebuah game simulasi. Seperti pada kehidupan nyata, seorang karakter tidak bisa hidup sendirian saja. Mereka membutuhkan orang lain atau jika kalian membawanya ke level lebih tinggi lagi, seorang karakter akan membutuhkan seorang pasangan.

Hal pertama yang harus dilakukan jika kalian ingin menemukan pasangan yang tepat untuk karakter adalah kalian harus mencoba untuk membuatnya berinteraksi dengan banyak orang. Mencoba untuk mengetahui hal apa yang lawan karakter mereka sukai, apa mimpi yang ingin diraih. Dan festival pada pusat kota adalah tempat yang bagus untuk melakukannya.

Untuk menunjukkan apakah seorang NPC tertarik dengan karakter kalian, tim pengembang menerapkan affection meter atau bar penunjuk yang memperlihatkan seberapa dekat karakter anda dengan karakter tersebut. Affection meter ini akan muncul pada setiap interaksi yang dilakukan karakter pemain terhadap semua karakter NPC.

Kurang lengkap rasanya jika semua tadi terbatas pada satu pilihan karakter saja bukan? Tenang, tim pengembang telah mengantisipasi hal tersebut dengan membawa kembali para karakter dari Harvest Moon: The Lost Valley; April, Catherine, dan Emily, serta Gilbert, Hunter, dan Tony. Bukan hanya itu saja, Luke dan Andrea juga ikut melengkapi. Dan jika delapan karakter diatas belum cukup, maka para penyihir, Tabitha dan Gareth juga akan tersedia untuk dipilih.


Baca Juga:

Grafis, Mekanisme Dan Aktifitas Karakter

Harvest Moon: Seeds of Memories akan menggunakan sudut pandang top-down, dipadukan dengan grafis 2D dengan sistem 3D. Jika kalian bingung dengan apa yang saya maksud, maka kurang lebih bisa dikatakan Harvest Moon: Seeds of Memories mirip dengan game seri Pokemon dari sisi grafisnya. Tampilan karakternya dibuat seperti boneka bobblehead, dengan bentuk kepala bulat besar dan badan yang ramping. Untuk sistem kendalinya, pemain dapat memilih antara tap dan drag pada layar untuk berjalan dan beraktifitas.

Beberapa aktifitas seperti memasak misalnya akan membutuhkan resep untuk karakter dapat memasak menu tersebut. Mekanisme dari tanaman akan mengadopsi mekanisme yang sama, dengan yang diterapkan pada Harvest Moon: The Lost Valley. Peralatan yang digunakan dapat di upgrade. Hal ini bukanlah suatu keharusan, namun dengan begitu, kalian akan lebih dimudahkan dalam melakukan aktifitas bertani. Tidak ada sistem acak pada saat memancing yang berarti kalian tidak akan mendapatkan sepatu ketika sedang memancing.

Berkuda dapat dilakukan diluar peternakan. Kalian dapat menjelajahi beberapa lokasi saat berkuda. Sedangkan hewan peliharaan, anjing misalnya akan tinggal serumah dengan karakter kalian. Penasaran binatang apa saja yang akan hadir pada Harvest Moon: Seeds of Memories? Akan ada sapi, kambing, ayam, kuda, anjing, dan yang terakhir kucing hutan.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Informasi Lain dan Tanggal Rilis

Dengan berita diatas, rasanya bukan salah saya jika saya sempat meloncat kegirangan karena terlalu bersemangat. Namun ada beberapa hal yang juga membuat saya sedikit khawatir. Akhir-akhir ini, banyak tim pengembang yang latah, membuat game gratis yang kemudian diisi dengan sistem energi, yang mengharuskan pemain untuk selalu online saat bermain atau lebih parah lagi, tertutupnya akses pemain untuk bermain secara maximal karena banyaknya IAP di dalam game. Saya takut tim pengembang Natsume akan berbuat hal yang sama.

Saya merasa senang sekali ketika mengetahui bahwa Harvest Moon: Seeds of Memories justru akan tersedia di app store sebagai games berbayar. Satu masalah teratasi, paling tidak dengan munculnya game ini bukan sebagai game gratis meminimalisir kemungkinan munculnya IAP. Mereka juga mengatakan bahwa tidak akan ada sistem energi di dalamnya. CeeCee, sebagai manajer komunitas dari Natsume mengatakan,

No continual internet connection will be required to play.

Kalimat diatas sekaligus menghapus keraguan saya akan Harvest Moon: Seeds of Memories. Pemain tidak harus selalu online untuk dapat bermain. Ini berarti kalian dapat bermain kapan saja dan dimana saja, tanpa adanya limitasi dari game itu sendiri. Satu hal yang disayangkan adalah save games yang hanya tersimpan pada secara lokal, yang berarti kalian tidak akan bisa bermain pada iPhone dan berpindah ke iPad sesukanya.

Pada akhirnya, satu pertanyaan akhir yang harus saya jelaskan adalah kapan game ini akan dirilis? Jujur saja, saya belum mendapatkan info pasti tentang kapan game ini akan dirilis. Namun karena saya tidak ingin kalian kecewa, Harvest Moon: Seeds of Memories akan dirilis kira-kira pada pertengahan Januari ini. Ingat, ini hanyalah sebuah perkiraan saja ya.

Saya akan tetap memberikan update pada artikel ini sampai pada saat tim pengembang Natsume memberikan kepastian tanggal Harvest Moon: Seeds of Memories. Jadi untuk kalian para pecinta game Harvest Moon, tetap pantau artikel ini untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut ya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya