Layanan streaming konten film dan TV series Netflix yang belum ada sebulan hadir di Indonesia, mulai hari ini ditutup aksesnya oleh Telkom. Ya, menurut laman sumber DailySocial, hal ini resmi dilakukan mulai hari ini, 27 Januari 2016 pukul 00.00 WIB untuk semua saluran pelanggan IndoHome, Wifi.id dan Telkomsel.
Kabarnya keputusan ini terpaksa diambil oleh Telkom karena Netflix dianggap tidak punya izin dan mematuhi peraturan di Indonesia. Yaitu terkait kerjasama dengan operator lokal untuk membatasi akses konten yang berbau pornografi dan kekerasan. Hal ini disampaikan oleh Direktur Consumer Telkom, Dian Rachmawan.
Kami blokir Netflix karena tidak memiliki ijin atau tidak sesuai aturan di Indonesia, dan banyak memuat konten yang tidak diperbolehkan di negeri ini. Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis,â€Sedikit mundur ke belakang, kabarnya Netflix punya waktu 1 bulan untuk mengurus segala hal mengenai kehadirannya di Indonesia. Seperti kepemilikan badan hukum yang jelas, kerjasama dengan operator lokal untuk menerapkan platform Over The Top (OTT) dan beragam hal lainnya.“Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia. Di luar negeri mereka (Netflix) lakukan kerjasama dengan beberapa operator, masa di sini tidak? Padahal, jika kerjasama dengan operator lokal banyak manfaat didapatkan kedua belah pihak”
Pengumuman mengenai hal tersebut disampaikan dalam rapat Kemenkominfo serta Badan Telekomunikasi Indonesia (BRTI) tertanggal 13 Januari 2016. Jadi, sebetulnya belum melampaui batas tenggang waktu 1 bulan – tetapi sekarang aksesnya sudah diblokir..
Baca Juga:
- Netflix Segera Menutup Teknik Akses Konten Luar Negeri dengan Proxy
- Soundnode for Mac, Akses Soundcloud Tanpa Peramban Lagi
Panduan Dasar & Kesan Pertama Menggunakan Netflix di Indonesia
Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone