(Prediksi) Daftar Produk Baru yang Bakal Muncul di Apple Event 21 Maret

Senin, 21 Maret 2016 | 07:41

Pastinya kamu semua, para Apple Fanboy tengah menyiapkan diri untuk bergadang lantaran sedang menunggu untuk menonton hajatan Apple Event yang bakal disiarkan online tengah malam nanti dari Cupertino.

Ya kurang dari 24 jam dari sekarang, Apple bakal segera mengumumkan sejumlah produk dan software paling anyarnya dalam event bertajuk “Let us loop you in.” tersebut. Buat yang belum tahu produk-produk baru apa saja yang bakal mereka perkenalkan, tim MakeMac sudah menghimpun sejumlah prediksinya.

Nah apa saja produk-produk yang bakal diungkap tirainya oleh Apple nanti malam? Langsung saja simak prediksi kami di bawah ini:

iPhone SE

Bintang utama dalam Apple Event kali ini tiada lain adalah kehadiran iPhone dengan layar 4 inci generasi terbaru yang disebutkan bakal mengusung nama iPhone SE. iPhone ini disebut-sebut merupakan penerus dari iPhone 5s yang diluncurkan pada 2013 silam.

Seperti halnya iPhone 5s, iPhone SE rumornya bakal mengusung desain bodi yang hampir mirip namun sedikit meminjam desain layar melengkung di bagian tepi seperti yang ada di iPhone 6/iPhone 6s.

Bagian paling menarik yang dimiliki iPhone SE adalah jeroan mesinnya. iPhone ini diprediksikan bakal mengusung spesifikasi yang sama seperti jajaran iPhone 6s, seperti prosesor A9, co-prosesor M9, RAM 2GB, NFC buat mendukung pembayaran mobile Apple Pay, “Hey Siri”, Live Photos, dan kamera 12MP dengan video 4K dan desain yang tidak menonjol.

Di sektor penyimpan internal, iPhone SE diprediksikan hanya bakal tersedia dalam dua varian, yaitu dengan kapasitas 16GB dan 64GB. Selain itu iPhone ini juga bakal hadir dalam empat balutan warna Silver, Space Gray, Gold, dan Rose Gold.

Satu fitur canggih absen di iPhone SE adalah teknologi 3D Touch. Fitur layar yang peka terhadap sentuhan ringan dan dalam ini tentunya hanya tersedia secara eksklusif buat iPhone 6s dan iPhone 6s Plus saja.

Selain jeroan mesin canggihnya yang menggiurkan untuk dimiliki, iPhone SE juga bakal mengusung label harga yang murah. Apple diprediksikan bakal melepasnya ke pasaran dengan harga mulai $450-$500.

iPad Pro 9,7 Inci

Penjualan lini iPad yang kurang bagus selama beberapa tahun ini memaksa Apple untuk memutar otaknya untuk menghadirkan tablet yang bisa kembali menarik konsumen untuk memiliki dan mengupradenya. Hal itu dibuktikan Apple dengan melahirkan iPad Pro 12,9 inci pada akhir tahun lalu.

Namun tidak berhenti sampai di situ, Apple kabarnya berencana memperkenalkan iPad Pro versi mini dengan layar 9,7 inci dalam event yang bakal digelar tengah malam nanti di Cupertino.

iPad Pro 9,7 inci rumornya bakal mengusung spesifikasi dan fitur canggih yang sebelumnya hanya bisa dinikmati di iPad Pro yang memiliki bentang layar 12,9 inci, menyamai lini komputer MacBook.

Seperti iPad Pro 12,9 inci, iPad Pro 9,7 inci bakal dipersenjatai dengan prosesor A9X yang lebih cepat, RAM 4GB, mendukung Apple Pencil, Smart Connector buat mendukung asksesoris Keyboard, kamera 12MP seperti jajaran iPhone 6s namun dengan dukungan perekaman video 4K.

Beberapa hari menjelang Apple Event, beredar informasi model dan harga iPad Pro 9,7 inci. iPad Pro 9,7 inci diprediksikan bakal tersedia dalam dua varian, yaitu model 32GB Wi-Fi only dengan label harga mulai $599 dan model 128GB Wi-Fi dan Selular dengan harga yang belum diketahui.

Kehadiran iPad Pro 9,7 inci tentu saja menjawab keinginan pengguna yang mendambakan fitur-fitur iPad Pro 12,9 inci bisa hadir dalam bentuk mini. Apple tampak paham betul bahwa tidak semua pengguna menyukai tablet dengan layar super jumbo seperti iPad Pro 12,9 inci yang berat dan bahkan ringkih buat dibawa-bawa.

Tali Baru Apple Watch

Selain dua produk andalannya di atas, Apple juga bakal mengumumkan produk aksesoris tali baru buat Apple Watch. Mereka diprediksikan bakal mengumumkan tali baru dengan material dan warna baru buat perangkat jam tangan pintar tersebut.

Apple disebut-disebut bakal mengumumkan tali Milanese Loop dalam balutan warna hitam. Hal itu diketahui pula dari tajuk Apple Event kali ini. Selain tali metal elegan tersebu, Apple bakal pula mengumumkan tali NATO-Style Nylon dan tali Hermès varian baru.

Selain tali, Apple juga menurut penelaahan terhadap undangan resmi Apple Event tersebut bakal mengumumkan Apple Watch dalam balutan warna putih. Namun sayangnya tidak diketahui lebih rinci mengenai varian baru model Apple Watch ini.

iOS 9.3

Apple sudah beberapa kali ini merilis iOS 9.3 beta dalam beberapa versi hingga yang paling baru iOS 9.3 beta 7 buat pengembang dan publik terdaftar. Rasanya itu cukup mengkonfirmasi bahwa mereka sudah siap merilis iOS 9.3 versi publik event malam nanti atau menyusul beberapa hari setelahnya.

Adapun fitur-fitur utama yang bakal dibawa iOS 9.3 tersebut adalah bakal hadirnya Secure Notes dengan password atau Touch ID, mode Night Shift untuk penggunaan di malam hari, dan fitur edukasi buat perangkat iPad.

Pada Apple Event malam nanti, iOS 9,3 bukan tidak mungkin bakal hadir secara default buat iPhone SE dan iPad Pro 9,7 inci.

OS X 10.11.4

Update sistem operasi terbaru buat komputer ini kabarnya bakal menghadirkan dukungan baru Secure Notes dengan Password dan juga peningkatan buat Live Photos, aplikasi Messages dan Photos

tvOS 9.2

Apple rencananya juga merilis tvOS 9.2 buat perangkat Apple TV. tvOS 9.2 sendiri saat ini sudah menginjak versi beta keenam dan membawa sejumlah fitur baru, seperti input diktasi suara, mendukung iCloud Photo Library, mendukung Keyboard nirkabel, peningkatan Siri, dan mode conference mode.

watchOS 2.2

Sistem operasi perangkat Apple Watch ini kabarnya bakal mendukung multi-perangkat iPhone. Dengan kata lain, kamu bisa memasangkan Apple Watch dengan lebih dari satu iPhone. Selain itu, Maps di watchOS 2.2 bakal lebih baik dari sebelumnya.

Update iTunes

Menyusul hadirnya update terbaru OS X 10.11.4, Apple juga kabarnya bakal merilis iTunes dengan update tampilan baru beserta perbaikan dan peningkatan baru. Hal tersebut pernah diungkapkan SVP of Internet Sofware and Services Eddy-Cue beberapa waktu lalu.

Akhir Kata

Apapun produk-produk anyar yang bakal Apple umumkan dalam gelaran event nanti malam kemungkinan tidak bakal meleset jauh dari prediksi-prediksi ini. Kalaupun ada yang terlewat, tentu lebih jelasnya kita harus menunggu hingga Tim Cook membuka secara resmi Apple Event itu.

Buat kamu yang ingin menonton Apple Event nanti malam, ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh. Kamu bisa menyaksikannya melalui peramban Safari di perangkat iOS, komputer Mac, dan perangkat Apple TV, atau di Microsoft Edge di PC milikmu.

Tim MakeMac juga berencana menggelar acara nobar Apple Event ini yang kali ini digelar di kota Yogyakarta. Buat yang berdomisili di kota istimewa tersebut, kamu bisa mengikuti acara nobar ini dengan mendaftarkan diri di artikel di bawah ini.

SelaMac menonton Apple Event, ya.


Yuk Datang ke Nonton Bareng Apple Event 21 Maret di Yogyakarta!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah