Update Clash Royale Membuat Tantangan Lebih Berimbang

Kamis, 24 Maret 2016 | 08:05

Tepat pada tanggal 2 Maret 2016 lalu, tim Supercell telah merilis Clash Royale secara serentak di seluruh dunia. Pada saat yang sama, para pemain dari berbagai negara di seluruh dunia juga mulai mengunduh game strategi unik yang satu ini. Mereka tidak ingin kalah cepat untuk saling berlomba, satu dengan yang lainnya, berusaha untuk menjadi pemain yang paling kuat dan terbaik di dunia.

Ketika kalian bermain, tim Supercell juga tidak mau kalah, mereka juga tetap memainkan Clash Royale namun dengan tujuan yang berbeda. Jika kalian bermain untuk menjadi yang terbaik, maka mereka bermain untuk menguji dan memantau untuk mendapatkan statistik dari para pemain. Statistik ini menerangkan mengenai kartu apa yang paling banyak digunakan oleh para pemain, serta tingkat kemenangan dari berbagai tingkat level permainan. Menggunakan data tersebut, tim Supercell akhirnya dapat membuat penyeimbangan pada Clash Royale, untuk menjadikan game ini tetap menyenangkan dan adil untuk dimainkan.

Menyerang Dibanding Bertahan

Kalimat singkat ‘menyerang dibanding bertahan’ adalah salah satu dari prinsip dasar permainan Clash Royale. Dan dari data yang telah Supercell peroleh sebelumnya, maka muncul hasil dari data yang ada di lapangan, yaitu adanya kartu yang sangat jarang sekali digunakan karena dianggap terlalu lemah, serta adanya beberapa kombinasi kartu untuk bertahan yang terlalu kuat.

Jika kalian cukup cermat dalam bermain, mungkin kalian sudah bisa menebak kartu apa yang dimaksud. Apalagi kalau bukan kartu X-Bow dan kartu Tesla. Dua kartu bertahan ini begitu kuat sehingga kemunculannya di pertandingan menjadi masalah tersendiri. Pemain yang mengetahui kekuatan sebenarnya dari kartu ini menggunakannya bukan saja sebagai kartu untuk bertahan, tetapi juga sebagai kartu untuk menyerang. Tentu saja, hal tersebut menjadikan permainan kurang seimbang.

Lalu apa solusinya? Tim Supercell akhirnya memutuskan untuk menurunkan daya serang dari dua kartu pertahanan ini, membuatnya lebih mudah untuk dihindari dan untuk dibalas. Tentunya, perubahan bukan saja terjadi untuk dua kartu tersebut. Masih ada beberapa kartu lain yang ikut terkena dampaknya, sebagai solusi atas penyeimbangan Clash Royale. Berikut daftar lengkap dari kartu apa saja yang telah mengalami perubahan beserta penjelasan singkat mengapa perubahan tersebut terjadi.

  • X-Bow: Jarak serang X-Bow diturunkan menjadi 12, dari sebelumnya 13
Seperti yang telah saya jelaskan secara singkat diatas, bahwa data statistik menunjukkan bahwa pemain seringkali menggunakan kartu bertahan X-Bow bukan saja sebagai alat bertahan, melainkan juga untuk menyerang. Hal ini berlawanan dengan tujuan utama kartu tersebut, sehingga perubahan pun perlu dilakukan. Tim Supercell memutuskan untuk menjadikan kartu X-Bow tidak lagi bisa diletakkan di belakang Tesla, ataupun berada di seberang sungai, menjadikan kartu ini menjadi tidak lagi dapat menyerang menara utama musuh secara bebas.

  • Tesla: Kecepatan serang Tesla diturunkan menjadi 0.8 detik, dari yang semula 0.7 detik. Waktu aktif kartu ini juga turun menjadi 40 detik saja, tidak lagi 60 detik atau satu menit.
Perubahan ini sedikit berbeda dari kartu lainnya. Sedikit penjelasan lagi mengenai aturan utama dalam permainan bahwa semua kartu harus mempunyai kelemahan atau musuh yang setara, dimana untuk kartu Tesla sendiri dinilai sebagai kartu yang terlalu kuat, menjadikan kartu Tesla tidak mempunyai lawan yang setara. Oleh sebab itu, tim Supercell mengurangi kecepatan serang dari kartu ini, yang secara otomatis memberikan kesempatan bagi target yang lebih besar daya serangnya untuk dapat menyerang balik. Efek lainnya adalah, kini kartu Tesla menjadi sedikit rapuh saat diserang oleh sekumpulan target yang lebih kecil.

  • Cannon: Durasi aktif diturunkan menjadi 30 detik, dari sebelumnya 40 detik
Kartu Cannon mempunyai pertahanan yang lebih besar dibandingkan dengan harganya yang hanya 3 elixir saja. Menurunkan durasi aktif dari kartu ini membuatnya lebih sebanding dengan harganya.

  • Princess: Health dari Princess dikurangi sebanyak 10%
Ide dasar dari pengurangan health dari kartu Princess adalah dua menara utama harus dapat membunuh Princess, menjadikannya lawan yang seimbang. Hal ini juga disebabkan karena penggunaan kartu Princess yang sangat tinggi, dan tentunya dengan begitu, kartu ini harus dibuat sedikit lebih lemah.

  • Ice Wizard: Serangan dinaikan sebanyak 5%
Kekuatan utama dari kartu Ice Wizard adalah kendalinya, tetapi dengan dinaikkan kekuatan serangannya, maka nilai kartu ini akan sedikit bertambah dan menjadi Ice Wizard sebuah kartu yang lebih mematikan dibandingkan sebelumnya.

  • Prince: Kecepatan serang diturunkan sebanyak 13%
Prince adalah kartu yang paling banyak digunakan, walaupun demikian, kartu ini tidaklah terlalu hebat jika dilihat dari tingkat kemenangannya. Namun, kemampuannya untuk menghancurkan menara utama cukup mengkhawatirkan. Menurunkan kecepatan menyerangnya adalah keputusan yang baik, memberikan lawan kesempatan untuk meluncurkan serangan balik.

  • Dark Prince: Kecepatan serang diturunkan sebanyak 13%
Jika dilihat dengan seksama, kedua karakter dari kartu Prince menaiki kuda dengan jenis yang sama, maka sangat masuk akal apabila kedua kuda yang mereka tunggangi juga memiliki kecepatan yang sama.

  • Valkyrie: Health dan serangan dinaikkan sebanyak 10%
Kartu Valkyrie adalah kartu yang jarang sekali digunakan, namun tentu tempatnya di dunia Clash Royale tetap harus diperhitungkan. Dan mungkin saja dengan diberikannya health dan kekuatan serangan yang lebih, maka, kartu ini bisa lebih sering dipergunakan dalam pertandingan.

  • Royal Giant: Serangan dinaikkan sebanyak 20%
Hampir sama seperti kartu Valkyrie, penggunaan dari kartu Royal Giant sangatlah minim, dan tingkat kemenangannya juga sangat rendah. Hal ini menunjukkan bahwa kartu ini sangat lemah. Tim Supercell ingin menambahkan kekuatan pada kartu Royal Giant tanpa harus menambahkan health dari pasukan tersebut, sehingga fokus dari kartu ini adalah dari daya serangnya.

  • Giant: Serangan dinaikkan sebanyak 5%
Memberikan serangan yang lebih besar pada kartu Giant dibandingkan dengan menambahkan health-nya akan memberikan kesempatan bagi kartu ini untuk digunakan pada saat menyerang, tetapi tetap cukup kuat pada saat digunakan untuk bertahan.


Baca Juga:

Nah, tidak hanya kartu pasukan saja yang mendapatkan perubahan. Beberapa perubahan tersebut juga terdapat pada sejumlah kartu Spell, yang berdasarkan statistik, penggunaannya masih sangat minim. Tim Supercell berharap dengan perubahan kekuatan serang dari sejumlah kartu Spell, maka kartu tersebut dapat menjadi pilihan menyerang yang cukup diperhitungkan.

  • Rage: Menaikkan kecepatan pergerakan dan kecepatan menyerang masing-masing sebanyak 40%, dari sebelumnya 35%, serta menurunkan efek durasi sebanyak 20%
Kartu Rage bisa menjadi sangat menakutkan dan berbahaya pada saat dikeluarkan, tetapi pada kondisi sebelumnya, kartu ini tidak cukup kuat dibandingkan dengan kartu lainnya. Dengan menaikkan kekuatannya dan mengurangi durasi efek, kartu Rage akan menjadi semakin berbahaya.

  • Poison: Serangan dinaikkan sebanyak 5%
Sama dengan masalah kartu Spell sebelumnya, kartu Poison penggunaannya juga sangat minim. Menaikkan kekuatan serangannya menjadikan kartu ini sebagai pilihan yang sebanding dengan kartu Fireball, atau kartu-kartu Spell lainnya.

  • Mirror: Kartu Legendary yang dilawan dengan kartu Mirror akan menghasilkan pasukan satu level dibawah kartu aslinya
Kartu Mirror dapat menghasilkan kartu Legendaris pada tingkat yang sangat tinggi. Setelah perubahan ini, tingkat 5 kartu Mirror akan menghasilkan tingkat 2 kartu legendaris, dan seterusnya.

  • Three Musketeers: Harganya diturunkan menjadi 9 elixir, dari sebelumnya 10 elixir
Kartu Three Musketeers juga memiliki penggunaan yang sangat minim, terutama karena harganya yang mahal. Solusinya, kartu ini diturunkan harganya menjadi sedikit lebih murah, yaitu 9 elixir saja. Hal ini memberikan kesempatan bagi kartu Three Musketeers sebagai kartu yang lebih berharga dari sebelumnya, tetapi juga mempunyai resiko yang lebih sedikit. Tim Supercell berharap, dengan perubahan ini, kartu Three Musketeers bisa menjadi pilihan yang bagus untuk digunakan.

  • Archers: Kecepatan serangan awal yang lebih cepat (seperti pada Spear Goblins)
Penggunaan kartu Archer pada awal permainan sama sekali tidak pernah dilakukan, dibandingkan dengan penggunaan kartu Spear Goblin yang tetap menjadi pilihan yang populer diantara semua tingkatan level. Tim Supercell membuat serangannya lebih cepat sehingga pasukan ini mempunyai respon yang lebih cepat dan lebih efektif.

  • Balloon: Health dinaikkan sebanyak 5%
Kartu Balloon sangat jarang sekali digunakan pada bangunan musuh, maka dengan ditambahkannya health, kesempatan untuk dapat menyerang menara musuh menjadi lebih besar.

  • Witch: Serangan dinaikkan sebanyak 5%
Hampir sama seperti kartu Balloon, penggunaan kartu Witch sangatlah minim. Mungkin dengan ditambahkan kekuatan serangannya, kartu ini bisa menjadi pilihan lagi.

Itulah tadi sejumlah perubahan terbaru untuk Clash Royale. Bagaimana pendapatmu tentang perubahan ini, apakah semuanya memang benar-benar diperlukan? Ataukah justru kalian mempunyai pendapat yang berbeda? Sampaikan pendapat kalian di kolom komentar ya!

Download Clash Royale · Harga: Gratis

[source site_name = “supercell” site_url = “https://clashroyale.com/blog/release-notes/balance-changes-coming-3-23”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya