Panduan Lengkap Membuat Akun dan Berlangganan Spotify

Rabu, 30 Maret 2016 | 14:27

Tanggal 30 Maret 2016, Spotify resmi merilis layanan streaming musik di negara Indonesia. Sambutan Sahabat MakeMac mengenai layanan ini sangat besar dan banyak yang langsung memutuskan untuk mencoba – baik secara gratis atau langsung mendaftarkan pembayaran untuk Spotify Premium.

Nah kali ini tim MakeMac akan membahas segala hal yang perlu kamu tahu tentang Spotify. Mulai dari cara awal membuat akun, mengenal perbedaan Spotify dan Spotify Premium serta review aplikasinya di perangkat iOS dan OS X. Luangkan waktu kamu sebetar untuk membaca ulasan saya ya! Mari kita bahas langsung:

Apa Itu Spotify?

Di era digital ini konsep mendengarkan musik terbagi 2 jenis. Membeli secara putus alias beli lagu atau album – di iTunes Store misal. Atau membeli dengan cara menyewa – Apple Music, Deezer, JOOX atau yang pastinya sedang kita bahas saat ini yaitu Spotify.

Nah untuk menyewa sendiri, fitur utamanya ya streaming music, karena kebanyakan cara penggunaan adalah mendengarkan langsung tanpa perlu mengunduh lagu. Ingat, konsep menyewa yang diberikan adalah berupa sebuah akun, bukan sewa sebuah lagu atau album ya. Jadi kamu bisa membuat akun di layanan Spotify lalu dengarkan lagu secara streaming serta diunduh untuk didengarkan pada saat offline.

Tentunya lagu yang kamu unduh dan didengarkan secara offline ini tidak bisa dikelurkan dari library Spotify ya. Teknik enkripsi diberikan untuk mencegah file tersebut keluar dari aplikasinya dan digunakan tanpa akun. Hal ini yang membuat Spotify atau layanan sejenisnya tidak ramah kepada perangkat MP3 Player seperti iPod Nano atau iPod Classic tentunya.

Membuat Akun

Kamu dapat menggunakan Spotify dengan 3 syarat saja. Mempunyai akun, koneksi internet (untuk streaming music) dan berada di negara yang mendukung. Nah bagaimana cara membuat akun untuk mendengarkan Spotify? Mudah saja, ada beberapa cara sebetulnya.

Cara paling mudah adalah membuka laman Spotify.com lalu pilih Daftar. Cara kedua adalah lewat aplikasi Spotify di komputer Mac atau di perangkat iOS. Tautan untuk mengunduh aplikasi tersebut dapat kamu cek langsung di bagian bawah artikel ini.

Masuk ke bagian membuat akun, ada 2 cara yang dapat kamu tempuh. Menghubungkan akun Facebook ke akun Spotify yang akan kamu miliki atau buat dari email kamu.

Loh, Error?

Beberapa sahabat MakeMac mengalami kendala seperti gambar di atas untuk masuk ke Spotify lewat akun Facebook di perangkat iOS. Hal ini terjadi jika kamu pernah menggunakan Spotify dengan cara mengganti VPN, ketika layanan ini belum masuk di Indonesia.

Lantas bagaimana solusinya? Mudah saja, buka laman Spotify.com di komputer, login dengan akun Facebook kamu. Masuk ke bagian Spotify Account dan piluh Edit Profile. Ganti bagian negara menjadi Indonesia lalu simpan. Setelah itu silahkan coba buka Spotify lagi di perangkat iOS kamu ya!

Mengenal Cara Berlangganan dan Pembayaran

Seperti penjelasan saya di awal, akun di Spotify terbagi menjadi 2. Gratis dan berbayar alias Spotify Premium. Untuk layanan Premium tentunya memiliki beberapa kelebihan. Mulai dari bebas iklan, mode mengganti lagu secara mudah dan tak terbatas, simpan lagu untuk didengarkan secara offline dan tentunya kualitas audio yang lebih baik.

Gratis atau Bayar?

Pertanyaan ini selalu muncul setelah bahasan cara membuat akun. Kamu dapat mencoba Spotify Premium secara gratis kok selama 30 hari. Namun syaratnya kamu harus input data kartu kredit – sebagai jaminan untuk pembayaran bulan kedua nanti.

Silahkan masuk ke spotify.com, login dengan akun kamu dan pilih menu Upgrade. Masukkan jenis pembayaran yang kamu mau, mulai dari kartu kredit, ATM, Online Banking, pembayaran tunai di Alfamart, Doku Wallet atau terakhir redeem code jika kamu mendapatkan hadiah dari pihak Spotify.

Sebagai catatan, sistem Free Trial untuk Spotify Premium hanya ada di metode pembayaran untuk kartu kredit ya. Sisanya akan tetap digunakan di pembayaran bulan pertama ini.

Beberapa pengguna Spotify di iOS kabarnya menemukan cara untuk mendapatkan Free Trial selama 7 hari. Namun saat menulis artikel ini tim MakeMac tidak menemukan bagian itu. Apakah kamu juga menemukannya?

Oke deh Bayar. Personal atau Keluarga?

Sudah memutuskan untuk membeli akun Spotify Premium? Tahan dulu sebentar, coba tanya keluarga kamu apakah juga ingin mencobanya? Nah jika iya, opsi Spotify Family dapat menjadi pilihan yang tepat. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, dibandingkan membeli 2 akun Persoal secara terpisah.

Yaitu mulai dari 75 ribu Rupiah untuk tambahan 1 anggota keluarga, 100 ribu untuk tambah 2 orang dan paling banyak tambahan 4 orang yaitu 150 ribu untuk biaya langganan perbulan. Murah bukan? Tentunya sistem Spotify Family menggunakan sistem pembayaran kartu kredit ya.

Kenapa harus menggunakan Spotify Premium, tidak berbagi akun personal saja? Jika menggunakan akun personal yang dibagi ke beberapa teman, kamu tidak bisa memutar musik secara bersamaan di lebih dari 1 perangkat. Begitu juga untuk katalog Playlist dan daftar simpan lagu, pasti akan terasa sangat berantakan.

Tunggu, Bayar Lewat Web atau iAP di iOS?

Oke, bagian ini sedikit membingungkan untuk pengguna iOS. Selain dapat membeli langganan Spotify Premium lewat web, kamu juga dapat memanfaatkan in-app purchase. Ya, mirip dengan sistem berlangganan Apple Music. Namun saya tidak menyarankan kamu untuk berlangganan Spotify via in-app purchases.

Karena harga yang ditarik setiap bulannya berbeda, yaitu 75 ribu Rupiah. Hal ini terkait kebijakan Apple dan sistem bagi hasil yang ada di iTunes Store. Selain itu berlangganan Spotify via in-app purchase juga tidak mendukung opsi Spotify Family ya.

Baca Juga:

Cara Berhenti Berlangganan?

Kurang cocok dengan Spotify atau ingin sekedar berhenti dari Spotify Premium dan menikmati mode gratis saja? Gampang kok cara untuk berhenti langganan.

Silahkan buka laman berlangganan dan pilih batalkan berlangganan. Akhiri bagian ini dengan memasukkan password kamu untuk keamanan. Nah sekarang halaman tersebut akan menampilkan tanggal berapa layanan berlanggana kamu sebelumnya akan berakhir.

Sudah Mencoba Spotify?

Tim MakeMac sudah mencoba Spotify dan memutuskan untuk berlangganan di bulan pertama ini. Selain katalog musiknya yang lengkap, mode playlist yang terkurasi dengan baik, dan tampilan aplikasi di iOS serta OS X ekstra cantik adalah beberapa hal menarik yang membuat Spotify patut untuk segera kamu coba. Review untuk aplikasinya di perangkat iOS dan OS X akan saya berikan di artikel terpisah ya!

Segera buat akun kamu, unduh aplikasinya di iOS dan OS X lalu selamat mendegarkan musik favorit ya!

Download Spotify for Mac

Download Spotify Music · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan