Jelang WWDC 2016 yang akan berlangsung minggu depan, Phil Schiller sebagai petinggi di divisi App Store sudah mulai membocorkan rencana perubahan untuk App Store. Dua poin utama dari wawancara The Verge kepada Phil Schiller adalah metode berlangganan (subscription) yang akan semakin menguntungkan pengembang dan Search Ads sebagai media promosi. Mari kita bahas ya!
Sistem Berlangganan, Masa Depan App Store?
Jika selama ini Apple mengunci sistem berlangganan tersebut alias hanya tersedia untuk beberapa jenis kategori aplikasi, dalam waktu dekat hal ini akan berubah. Phil Schiller menjanjikan bahwa sistem berlangganan akan tersedia untuk semua kategori di App Store – termasuk games yang mendapatkan angka pembelian paling besar.
The option to sell subscriptions will also be available to all developers instead of just a few kinds of apps. “Now we’re going to open up to all categories,†Schiller says, “and that includes games, which is a huge category.â€Baca Juga:
- Apple Menghadirkan Katalog Made in Indonesia di App Store
- Tanpa Pengumuman, Proses Review di App Store Menjadi Sangat Singkat
Pembagian Keuntungan Lebih Menarik
Yaitu 70:30 untuk tahun pertama dari setiap pelanggan layanan dari sebuah aplikasi dan 85:15 untuk tahun kedua. Aturan ini berlaku untuk setiap pengguna secara personal berdasarkan tanggal dimulainya langganan dan tentunya setelah sistem ini resmi diaktifkan – akhir musim gugur tahun ini. Jika sebelumnya pengguna sudah berlangganan selama satu tahun, penghitungan mode baru ini berlaku mulai 13 Juni 2016.
For the first year of a subscription Apple will maintain its 70 / 30 revenue share; after one year, the new 85 percent / 15 percent revenue share will kick in (applied per subscriber). The new app subscription model will roll out to developers this fall, though if app makers have subscribers they’ve already retained for a year, the new revenue split starts June 13th.
Games dengan Sistem Berlangganan?
The Verge juga sempat bertanya kepada Itai Tsiddon, pengembang aplikasi fotografi Enlight. Dia belum ingin beralih ke sistem berlangganan untuk aplikasi yang sudah dibuat oleh timnya. Namun menurut pengembang dengan pendapatan $10 juta pertahun dari aplikasi premium ini, ada rasa tertarik dan ingin mencoba terjun ke mode bisnis baru tersebut.
Baca Juga:
- Phil Schiller Ungkap Arti di Balik Nama iPhone SE
- Dipegang Phill Schiller, App Store Giat Merilis Update Best New Apps
Search Ads
Pendapat Kamu?
Bagaimana dengan kamu? Punya pendapat lain atau hal yang ingin disampaikan? Bagikan di kolom komentar ya!
Apple Mengenalkan Sistem Search Ads untuk App Store
Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone