(Preview) iOS 10 dengan 10 Perubahan Besar

Selasa, 14 Juni 2016 | 11:05

Selain macOS Sierra, wathc OS 3 dan juga tvOS terbaru, Apple menghadirkan iOS 10 untuk kamu pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch dengan beragam peningkatan fitur.

Dalam keynote yang disampaikan Craig Frederighi dan timnya, ada 10 bahasan utama mengenai fitur di iOS 10 ini. Tim MakeMac akan mencoba bahas beberapa diantaranya untuk kamu semua Sahabat MakeMac ya!

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

User Experience

Bahasan pertama adalah User Experience alias pengalaman pengguna yang lebih baik. Beberapa catatan yang tim MakeMac temukan saat menonton WWDC 2016 untuk bagian ini adalah tampilan lockscreen yang baru – mulai dari animasi notifikasi, Control Center, akses Music, mode ambil foto cepat serta Widget yang mendukung 3D Touch.

Siri SDK, Terbuka untuk Aplikasi Pihak Ketiga

Personal assistant Siri akhirnya dibuka oleh Apple dengan dukungna aplikasi pihak ketiga. Kamu dapat memintanya untuk mengetik pesan di aplikasi WeChat, Slack, Telegram atau lainnya. Secara tampilan sih tidak banyak yang berubah untuk Siri namun tentunya akses fitur ini semakin dalam dan mendukung aplikasi lain.

Craig Frederighi juga mencontohkan penggunaan Siri untuk aplikasi pihak ketiga dalam teknologi panggilan VOIP, RIde Booking dan Photo Search, Workouts, Payment dan beragam hal lainnya.

QuickType, Deteksi Ketikan Dimana Saja

QuickType adalah fitur yang membawa konsep Siri Intelligence dalam bentuk mengetik yang memanfaatkan konsep Deep Learning Languange. Contohnya untuk sebuah pesan yang kamu kirim berupa waktu dan tanggal untuk sebuah kegiatan, iOS 10 dapat membuat Intelligent Schedulling dengan mudah dan cepat.

Fitur lainnya yang ada di QuickType adalah mengirim informasi lokasi kamu, kontak, jadwal yang kosong di Calendar dan yang paling seru adalah Multilingual Typing serta Lookup – melihat daftar lokasi favorit dengan prediksi kata untuk meneruskan.

Photos

Update di iOS 10 untuk Photos adalah memberikan mode Places yang lebih baik yaitu visualiasi untuk semua tempat yang pernah kamu kunjungi dan mengambil gambar. Salah satu teknologi terbaru di Photos adalah Advance Computer Vision. Fitur ini menggunakan metode Deep Learning untuk mempelajari dan membuat daftar Face Recognition – deteksi foto wajah dari para keluarga atau teman kamu.

Kedua adalah Object & scene Recognition, fitur ini dapat mendeteksi alam yang ada di sebuah foto untuk membuat kategori berdasarkan tempat. Seperti pegunungan, danau, pantai dan beragam hal lainnya.

Lanjut ke fitur Memories, fitur ini akan mendeteksi dan membuat kelompok foto dari setiap kegiatan liburan, catatan berdasarkan tanggal, orang yang ada di foto, topik atau beragam kategori lainnya. Setelah itu pengguna dapat menciptakan album atau video kenangan yang dapat diedit dengan beberapa langkah cepat saja.

Maps

Catatan kelima adalah aplikasi Apple Maps yang dipoles cukup banyak dengan wajah baru. Eddy Cue menjelaskan bahwa iOS 10 akan mendukung mode Proactive di aplikasi navigas bawaan. Contoh penggunaan fitur ini adalah mendeteksi dan memberi saran beragam tempat menarik berdasar lokasi kamu dan pencarian dengan filterisasi yang lengkap.

Bicara desain baru, mode navigasi adalah salah satu yang wajib kamu coba jika sudah mendapatkan iOS 10 beberapa waktu lagi. Dua catatan paling menarik di bagian ini adalah Traffic on Route dan juga Dynamic View untuk memberikan tampilan yang lebih nyata dari panduan perjalanan kamu.

Selanjutnya ada Quick Controls untuk memberikan detail perjalanan kamu dan mencari pemberhentian tambahan. Seperti mencari restoran, tempat pengisian bahan bakar atau hal lainnya. Maps baru ini juga dapat diakses di CarPlay dan mendukung tampilan turn by turn di bagian instrumen panel kendali di mobil.

Maps di iOS 10 juga dibuat terbuka untuk pengembangan dari pihak ketiga ya. Contoh Extension yang dapat dibuat adalah memesan jasa transportasi langsung di Maps, bayar dengan Apple Pay dan melihat perjalanan kendaraan yang kamu pesan – semuanya langsung di dalam Maps.

Music dengan Wajah Baru

Apple memberikan wajah baru untuk app Music dengan tampilan yang putih dan sederhana. Fokus pandangan kamu akan mudah mencari bagian yang penting karena setiap font dibuat besar dan tebal. Tujuan dari perubahan ini adalah memberikan akses Music yang lebih intuitif dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Apple News

Perubahan besar di Apple News adalah desain tampilan yang membuatnya semakin cocok disebut majalah digital. Ya, kamu dapat memperoleh beragam tampilan dengan elemen berita yang selama ini sudah diberikan dengan wajah baru – For You, Top Stories, Trending dan beragam hal lainnya.

Apple News juga kini mendukung Subscriptions. Fitur ini hadir untuk kamu yang ingin berlangganan konten majalah digital berbayar dari penyedia berita premium seperti New York Times, National Geographic dan beragam hal lainnya. Untuk melengkapi hal ini, ada juga mode notifikasi cepat dari setiap konten baru yang berhubungan dengan sistem berlangganan.

HomeKit

HomeKit adalah cara mengendalikan beragam peralatan rumah tangga yang dapat terhubung ke perangkat iOS secara nirkabel. Sebut saja membuka pintu garasi secara remote, mengendalikan suhu ruangan, menyalakan lampu atau beragam hal lainnya.

Nah jika sebelumnya kamu harus mengunduh setiap aplikasi berbasis HomeKit dari pembuat perangkat tersebut, kini Apple menyatukan semuanya di app Home. Pengguna bisa mengakses semua perangkat HomeKit yang sudah didukung oleh Apple dalam satu aplikasi saja dengan tampilan yang personal.

Selain mengatur beragam perangkat HomeKit, kamu juga bisa membuat profil pengaturan yang fleksibel. Seperti tombol Good Night yang akan langsung mematikan semua lampu di dalam ruangan, menutup tirai jendela dan mengunci pintu. Bahkan Home juga dapa digunakan bersama Siri untuk sekedar mengatakan selamat pagi – sebagai cara baru membuka tirai, menyalakan lampu dan membuka kuncian pintu.

Apple juga menjamin keamanan akses di Home jika kamu ingin melakukan remote dari jauh. Koneksi yang digunakana sudah berbasis end to end encryption demi menjaga keamanan rumah kamu dan setiap orang di dalamnya.

Phone

Bahasan pertama adalah Voicemail Transcription yaitu mode terjemah rekaman Voicemail menjadi barisan teks. Masih seputar panggilan telepon, Apple juga menyediakan fitur Extension agar para pengembang dapat memberikan layanan tambahan seperti filterisasi dan deteksi nomer telpon spam atau hal lainnya.

Sering menerima telepon lewat aplikasi chatting favorit kamu? Nah kini ada mode VoIP API untuk memberikan tampilan dan fitur tambahan yang sangat menarik. Sebuh saja preview video dari setiap panggilan yang belum kamu jawab atau daftar Recents Contact.


Baca Juga:


Messages dengan Beragam Fitur dan Kejutan Seru

Catatan pertama untuk Messages adalah mode Rich Link dan akses cepat untuk menonton video yang dikirim oleh teman kamu. Lanjut untuk bahasa Camera & Photos, pengguna dapat langsung melihat preview dari akses kamera depan begitu menekan tombol pencarian foto,

Sering mengirim Emoji di iMessages? Kabar baik, kini kamu dapat mengirim dengan ukuran 3x lebih besar dari versi yang lama! Ada juga fitur Emoji Predictions untuk mengganti beberapa kata dalam pesan kamu menjadi Emoji dengan mudah dan cepat serta mendukung pilihan alternatif.

Masih banyak lagi bahasan menarik dari Messages yang dapat kamu nikmati di iOS 10. Seperti Bubble Effects yaitu tampilan kolom pesan dengan ukuran yang ekstra besar, teks kecil dan menjadi normal dan Invisible Link untuk kejutan kecil saat mengirim gambar dan teks dalam mode seperti terselimuti.

Berikutnya adalah Tap Back yaitu mode balasan cepat di salah satu bubble messages dengan ikon dan info persetujuan. Lalu ada Handwritte messages untuk membalas pesan dengan mode tulisan tangan yang lebih personal dan juga Digital Touch seperti yang ada di watchOS 3.

Seperti daftar aplikasi lain, Messages juga kini dibuka aksesnya untuk pengembang aplikasi pihak ketiga. Beberapa contoh fitur ini adalah kehadiran iMessages App yang bekerja seperti Extension, App Store for iMessages seperti Stickers, akses SDK untuk menciptakan aplikasi berbasis kamera dan beragam layanan lainnya yang lebih kompleks.

Kapan iOS 10 Dirilis?

Sistem operasi iOS 10 sekarang sudah tersedia dalam mode Developer Preview. Bulan Juli 2016 nanti aksesnya akan dibuka untuk kamu para pengguna di Apple Beta Software Program. Sedangkan untuk pengguna umum baru dapat menikmatinya di musim gugur nanti – sekitar September 2016.

Sudah tidak sabar untuk mencoa iOS 10? Fitur apa sih yang paling menarik di hati kamu? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/ios/ios10-preview/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan