Ini Penyebab dan Solusi Layar iPhone 6 & iPhone 6 Plus Tak Responsif

Rabu, 24 Agustus 2016 | 10:48

Apakah iPhone 6 atau iPhone 6 Plus milikmu mengalami isu layar yang tidak responsif? Tenang kamu tidak sendirian. Banyak pengguna lain di seluruh dunia kabarnya mengeluhkan isu layar yang sama.

Isu yang dinamakan dengan Touch Disease itu menyebabkan munculnya garis berwarna abu-abu di bagian atas layar sentuh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang diluncurkan Apple dua tahun silam tersebut.

Tidak hanya itu, garis berwarna abu-abu tersebut dikeluhkan tampak berkedip-kedip dan membuat performa layar menjadi tidak responsif alias tidak bisa disentuh secara normal dibanding sebelumnya.

“This issue is widespread enough that I feel like almost every iPhone 6/6+ has a touch of it (no pun intended) and are like ticking bombs just waiting to act up,” says Jason Villmer, owner of STS Telecom—a board repair shop in Missouri. He sees phones like this several times a week.

Apple sendiri mengakui adanya isu Touch Disease tersebut berdasarkan banyak keluhan pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Forum Support miliknya. Mereka dilaporkan tidak menganggapnya sebagai suatu isu. Apalagi mereka tidak memberikan solusi apapun jika iPhone sudah lewat dari garansi.

Usut punya usut, munculnya Touch Disease tersebut bukan disebabkan oleh adanya masalah dengan layar sentuh milik iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Jadi mengganti layar sentuh tidak akan menyelesaikan isu tersebut karena bakal muncul kembali.

iFixit dalam penelusuran ke sejumlah tempat reparasi iPhone menyebutkan, penyebab utama munculnya Touch Disease adalah chip controller atau chip Touch IC di dalam komponen logic board.

Adapun solusi untuk mengatasi isu Touch Disease disebutkan adalah dengan memperbaiki atau mengganti komponen Touch IC atau logic board. Setelah itu, Touch IC dilapisi pelindung dari bahan metal untuk menguatkannya dari potensi copot.

“We have found that placing our own mod—a metal shield soldered over the sticker shield—seems to protect the phone from future recurrence of the problem….”

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Selain dengan solusi di atas, kamu yang mengalami isu Touch Disease di iPhone 6 atau iPhone 6 Plus milikmu bisa menukarkannya ke toko Apple untuk diganti yang baru. Dengan catatan tentunya, kamu masih punya klaim garansi yang berlaku.

[source site_name = “iFixit” site_url = “http://ifixit.org/blog/8309/iphone-6-plus-gray-flicker-touch-death/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah