iPhone 7 Siap Hadir dengan Kamera 12MP, Anti Air, 5 Warna, Layar Baru

Senin, 05 September 2016 | 07:10

Analis ternama dari KGI Securities, Ming Chi-Kuo, membeberkan bocoran spesifikasi hardware dari iPhone 7 lebih rinci di saat-saat terakhir Apple siap mengumumkannya pada pertengahan pekan ini.

Mengutip dari laman 9to5Mac, ponsel pintar baru Apple tersebut bakal dibekali dengan prosesor A10 generasi baru yang punya kecepatan antara 2.4–2.45 GHz. Namun begitu, kecepatan clock prosesor bisa dikurangi untuk mengantisipasi panas dan konsumsi daya.

Kuo juga mengkonfirmasi, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bakal datang dengan kapasitas storage mulai 32GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan besaran RAM yang diusung keduanya masing-masing 2GB dan 3GB.

Untuk kali pertama, iPhone 7 bakal tersedia dalam lima warna. Selain hadir dengan warna Gold, Rose Gold, dan Silver, Kuo mempercayai Apple bakal meluncurkan iPhone 7 bakal tersedia dalam dua warna lebih gelap–Dark Black dan Piano Black–yang bakal menggantikan warna Space Grey.

Namun di awal kemunculannya nanti, warna Piano Black tidak akan tersedia di semua varian. Kuo mengatakan, warna ini bakal tersedia hanya buat varian model iPhone 7 dengan kapasitas storage paling tinggi.

Kuo selanjutnya mengatakan, iPhone 7 bakal dilengkapi dengan fitur air dengan mengantongi sertifikat IPX7 yang memungkinkannya tahan terhadap cipratan air, guyuran hujan, ataupun di kedalaman air hingga satu meter selama 30 menit.

Port audio headphone jack 3,5mm di iPhone 7 juga dikonfirmasi bakal absen di iPhone 7. Sebagai gantinya, Apple bakal menyediakan Lightning EarPods dan adaptor Lightning-Headphone jack di dalam kotak kemasannya.

Meski headphone jack sudah digunting, iPhone 7 bakal punya keluaran speaker yang lebih baik dari sebelumnya. Kuo tidak menyebut, iPhone baru itu dilengkapi dengan speaker stereo, tapi bakal hadir dengan amplifier audio baru di lokasi di mana headphone jack dulu berada.

Layar di iPhone juga bakal mengalami peningkatan. Meski ukuran dan resolusinya bakal sama seperti pendahulunya, layar 4,7 inci dan 5,5 inci di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus disebutkan bakal mengadopsi teknologi wide color yang bisa menghasilkan kualitas warna lebih baik. Teknologi layar ini sebelumnya dimiliki lini iPad Pro 9,7 inci.


Baca juga:


Sementara iPhone 7 bakal mengusung kamera tunggal, iPhone 7 Plus disebutkan bakal dilengkapi dengan kamera lensa ganda. Masing-masing lensa memiliki resolusi 12MP namun dengan jenis dan fungsi berbeda, yaitu lensa 6P dan 5P.

Lensa 6P adalah lensa kamera wide-angle yang dilengkapi dengan ukuran piksel lebih dan fitur Optical Image Stabilization. Sedangkan lensa 5P adalah lensa telefoto yang memiliki ukuran piksel lebih kecil.

Pengambilan foto di iPhone 7 bakal lebih baik dari sebelumnya dengan hadirnya lampu kilat dan sensor ambient light baru. Apple bakal melengkapi kamera iPhone 7 dengan 4 lampu kilat berjenis LED yang terdiri atas dua lampu bersifat dingin dan dua lainnya hangat.

Sejumlah fitur dengan peningkatan baru di iPhone 7 adalah sensor Proximity yang lebih baik dalam merespons, mengenali jarak dan gesture; serta dukungan layanan pembayaran mobile FeliCa bagi pengguna di Jepang.

Terakhir, Kuo memprediksikan penjualan iPhone 7 sampai dengan akhir tahun ini bakal mencapai hingga 65 juta unit. Jumlah ini lebih kecil dari penjualan iPhone 6s di angka 82 juta unit di periode yang sama tahun lalu. Rendahnya tingkat produksi dan juga kendala produksi komponen fitur anti-air menjadi penyebab utamanya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/09/03/kgi-iphone-7-to-feature-2-4ghz-a10-chip-ipx7-waterproofing-new-12-megapixel-cameras-piano-black-color-more/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah