Apple Bakal Tempuh Jalan Lain Supaya iPhone 6s Bisa Masuk ke Indonesia

Rabu, 07 September 2016 | 11:22

Bukan rahasia lagi bahwa aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang akan ditetapkan pemerintah adalah alasan utama Apple belum bisa menjual lini iPhone baru mereka di Indonesia sampai saat ini.

Namun sejumlah revisi tata cara pemenuhan TKDN mengenai ponsel 4G yang dilakukan pemerintah belum lama ini bisa menjadi angin segar bagi Apple untuk segera memboyong iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE di sini.

Seperti dikutip Kompas Tekno, Direktur Jenderal Industri Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengungkapkan langkah yang akan diambil Apple untuk masuk ke Indonesia.

Dijelaskan, Apple tidak berencana membangun pabriknya di Indonesia untuk bisa menjual iPhone barunya nanti di sini. Melainkan, mereka akan menempuhnya dengan cara lain yang tercantum dalam aturan tersebut.

“Katanya begitu (Apple jadi masuk ke Indonesia). Bukan (pusat riset), Apple akan membangun industri software untuk mobile apps,” ujarnya dalam pesan singkat pada KompasTekno, Selasa (6/9/2016).

Aturan TKDN yang mewajibkan semua produsen ponsel 4G, termasuk Apple, untuk menggunakan bahan lokal sebesar 30 persen menurut rencana bakal diberlakukan secara efektif mulai tanggal 1 Januari 2017 mendatang.


Baca juga:


Apple diharapkan bisa mulai menjual iPhone berjaringan 4G besutannya termasuk di Indonesia awal tahun depan setelah Apple memenuhi skema investasi 100 persen software yang tertuang dalam aturan TKDN tersebut.

Tidak menutup kemungkinan, Apple juga akan menjual iPhone 7 dan perangkat iOS lainnya di Indonesia tahun depan. Mereka jadwalnya akan mengumumkan iPhone generasi barunya tersebut tengah malam nanti. Jadi kehadirannya sekitar 4–5 bulan mendatang di Tanah Air sesuai dengan kebiasaannya dulu ketika belum ada aturan TKDN.

Sayang belum ada keterangan resmi dari Apple mengenai kapan mereka bakal menjual lini iPhone 6s dan iPhone SE meski sudah mampir ke Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika untuk diuji tidak lama sesudah diumumkan. Jadi kita tunggu saja perkembangannya.

[source site_name = “Kompas Tekno” site_url = “http://tekno.kompas.com/read/2016/09/07/09040037/apple.akhirnya.bisa.jualan.iphone.di.indonesia.”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah