Konnichiwa! Spotify Akhirnya Hadir di Jepang

Kamis, 29 September 2016 | 18:19

Layanan streaming musik Spotify akhirnya masuk ke pasaran musik terbesar kedua di dunia yaitu Jepang! Ya, mulai hari ini para penggemar musik di Jepang dapat menikmati koleksi lagu dan playlist pilihan di Spotify, baik secara gratis atau berlangganan Spotify Premium. Yaitu dengna harga 960 Yen atau $9.60 setiap bulan.

Afters years of waiting, Spotify has finally launched its music streaming service in Japan.

Bagi kamu yang belum tahu, Jepang memiliki daya beli untuk musik hingga $3 Miliar setiap tahun. Namun angka yang besar ini bukan jaminan bahwa Spotify dapat menjadi layanan musik yang langsung dapat diterima dan laris digunakan. Ya, ini karena masyarakat Jepang masih lebih senang mendegarkan musik dari kepingan CD dan atau membeli lagu dalam format digital dan memilikinya. Animo untuk menikmati musik streaming di negara tersebut kabarnya masih cukup kecil dan ini adalah tantangan terbesar untuk Spotify.


Baca Juga:

Sebagai tambahan catatan, Spotify perlu waktu 18 bulan hingga akhirnya resmi rilis di Jepang. Waktu yang sangat lama tersebut harus dilalui mereka karena perijinan dengan beragam industri musik di negeri sakura. Tentunya perijinan menjadi hal yang harus diurus dengan serius, mengingat Spotify menghadirkan layanan gratis dengan iklan – harus jelas siapa yang akan membayar royalti para musisi untuk kalangan pengguna ini.

Jika dibandingkan Apple Music yang masih sangat muda, Spotify punya 40 juta pengguna Spotify Premium di dunia – Apple Music baru 17 juta saja. Dengan hadirnya Spotify di Jepang, apakah angka ini akan menanjak dengan tinggi dalam waktu singkat? Kita tunggu saja ya!


Panduan Lengkap Membuat Akun dan Berlangganan Spotify

Thanks, Fauzan!

[source site_name = “Tech Crunch” site_url = “https://techcrunch.com/2016/09/28/spotify-japan-launch/?ncid=rss”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Tag :

Editor : Bagus Hernawan