EarPods Lightning vs. EarPods Headphone Jack: Apa Perbedaannya?

Senin, 10 Oktober 2016 | 12:10

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus resmi diluncurkan bulan September yang lalu. Banyak pihak yang memberi respon positif atas kehadiran iPhone generasi terbaru ini namun tak sedikit yang menanggapinya dengan kurang baik. Salah satu hal kontroversial yang Apple lakukan kepada iPhone 7 dan 7 Plus adalah menghilangkan 3.5 mm headphone jack.

Dengan hilangnya headphone jack pada iPhone 7, Apple pun mengganti colokan Earpods yang disertakan dalam paket pembelian iPhone menjadi colokan Lightning. Bagi mereka yang masih ingin menggunakan headphone lama mereka, Apple menyertakan adapter Lightning to 3.5 mm Headphone Jack di setiap pembelian iPhone 7 dan 7 Plus.

Lalu, apa perbedaan antara Earpods dengan headphone jack dengan Earpods dengan Lightning port? Apakah ada perubahan signifikan antara keduanya? Kali ini, saya akan membandingkan antara keduanya saat digunakan dengan iPhone 7 Plus. Tentu untuk mencoba Earpods dengan headphone jack, saya akan menggunakan adapter yang disertakan Apple.

Sekilas tentang Lightning to 3.5 mm Headphone Jack

Sangat kecil dan mudah hilang. Itu kesan saya ketika melihatnya pertama kali. Adapter Lightning to 3.5 mm Headphone Jack hanya memiliki panjang hanya 8 cm saja. Saran saya agar tidak mudah hilang, selalu pasangkan adapter ke headphone yang sering Anda gunakan. Berbeda dengan produk Apple pada umumnya yang diproduksi di Tiongkok, adapter ini diproduksi di Vietnam.

Perbandingan kualitas suara antara Earpods Headphone Jack dan Earpods Lightning Port

Sebelum membaca ulasan ini lebih lanjut, perlu diketahui bahwa saya bukan seorang audiophile. Saya hanya pengguna biasa pada umumnya. Dalam ulasan ini, saya akan coba mendengarkan lagu dari Apple Music menggunakan kedua jenis Earpods di iPhone 7 Plus dan membandingkan pengalaman musik di antara keduanya.

Beberapa lagu saya coba dengarkan di Apple Music, mulai dari genre pop, rock, jazz dan alternative, secara bergantian menggunakan Earpods versi headphone jack dan Earpods versi Lightning port. Saya merasakan ada perbedaan kualitas suara yang dikeluarkan oleh kedua versi Earpods. Suara yang dihasilkan Earpods dengan Lightning port lebih kaya dan jernih dibandingkan dengan yang versi headphone jack. Ada beberapa “beat” yang hilang ketika menggunakan Earpods versi headphone jack.

Dugaan saya adalah suara yang dihasilkan dari Earpods versi Lightning port merupakan digital audio sehingga suara yang diperdengarkan lebih kaya dari analog audio yang dihasilkan 3,5 mm headphone jack. Walaupun begitu, adanya perbedaan suara yang dihasilkan antara kedua versi Earpods tidak terlalu signifikan apabila hanya digunakan sehari-hari.

Simpulan

Bagi para pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, saya sarankan Anda menggunakan Earpods dengan Lightning Port untuk digunakan sehari-hari. Apabila Anda berencana membeli headphone dengan merk lain, saya sarankan untuk membeli headphone dengan dukungan kabel Lightning port atau headphone nirkabel. Selain tak perlu tambahan adapter, kualitas suara yang dihasilkan pun lebih baik.


Apple AirPods: Teknologi Earphone Nirkabel Ekstra Cerdas dan Ringkas


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi