Apple Siapkan Paten Find My iPhone Bisa Aktif Saat iPhone Mati

Senin, 07 November 2016 | 15:47

Jika sebelumnya melacak iPhone yang hilang melalui fitur Find My iPhone hanya bisa dilakukan jika perangkat keadaan aktif, namun di masa mendatang kamu bisa melacak iPhone yang hilang tersebut bahkan dalam keadaan dimatikan pencuri.

Hal tersebut diketahui dari hak paten teknologi baru dengan nomor US20160323703 yang diajukan Apple pada awal bulan Mei 2016 silam, sebagaimana dilansir Cult of Mac.

Paten teknologi baru Apple tersebut menjelaskan mengenai penambahan sebuah fitur baru di iPhone yang secara berkala akan aktif dan mengirimkan data lokasi ketika perangkat dalam keadaan mati sekalipun.

Dalam implementasinya, Apple dalam paten itu disebutkan menggunakan penghitung waktu (timer) yang bakal secara periodik mengaktifkan sebagian fungsi iPhone dalam keadaan mati. Selanjutnya, modul layanan lokasi bakal menentukan lokasi dan mengirimkannya melalui satu atau lebih saluran.


Baca juga:


Untuk membantu pengguna melacak iPhone yang hilang, Apple dalam paten tersebut menggunakan email atau pesan SMS untuk mengirimkan kode, gambar, input suara, atau pola-pola.

Namun sayangnya, tidak ada informasi jelas apakah teknologi dalam paten ini hanya berfungsi di perangkat dengan jaringan selular saja atau tidak. Sebagai contoh, iPad dan MacBook yang dilengkapi Wi-Fi saja baru akan mengirimkan lokasi data jika terkoneksi ke Wi-Fi.

Melacak iPhone yang hilang ketika iPhone dalam keadaan mati tentu saja menjadi persoalan tersendiri yang bakal menyulitkan pengguna melakukannya. Dengan paten itu, pelacakan iPhone tersebut setidaknya menjadi lebih mudah dan kesempatan untuk menemukannya kembali menjadi lebih besar.

Semoga saja, paten teknologi bisa segera diimplementasikan di iPhone generasi berikutnya. Syukur-syukur di iPhone 8 yang rencananya diluncurkan September tahun depan.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/452666/find-iphone-might-soon-work-device-dead/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah