Tokopedia Larang Penjualan iPhone 6s dan iPhone 7 BM

Jumat, 11 November 2016 | 16:52

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak beredar iPhone 6s dan iPhone 7 Black Market (BM) di toko-toko online di Indonesia, meski Apple belum bisa secara resmi menjualnya karena masih terkendala aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Untuk memerangi peredaran iPhone BM tersebut di Indonesia, salah satu toko online besar di Tanah Air yaitu Tokopedia seperti dilansir Kompas Tekno mengumumkan melarang penjualan iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan iPhone 7 Plus di situsnya.

Tokopedia mengambil langkah tersebut sebagai bentuk ketaatannya terhadap pemberitahuan resmi dari Kementerian Perdagangan Indonesia dan juga untuk kenyamanan dan keamanan pelaku usaha.

“Sesuai pemberitahuan resmi dari Kementerian Perdagangan Indonesia, produk iPhone 6s, 6s Plus, 7 dan 7 Plus kami hapus demi kenyamanan & keamanan pelaku usaha”.

Tokopedia benar-benar sudah menghapus produk iPhone 6s atau iPhone 7 BM di situsnya. Ketika tim MakeMac mengeceknya, keempat model iPhone BM tersebut memang sudah tidak ditemukan lagi. Produk yang ada kaitannya dengan iPhone 6s atau iPhone 7 adalah produk aksesoris seperti casing dan charger.

Sementara Tokopedia sudah mematuhi pemberitahuan dari Kemenperin, toko online besar terkenal lainnya seperti, Lazada, BukaLapak dan JD.ID, tampaknya belum mengikuti langkah yang sama. Mereka masih menjual seri iPhone BM tersebut.


Baca juga:


Apple sendiri memang belum bisa menjual iPhone 6s atau iPhone 7 yang baru di Indonesia lantaran belum memenuhi tingkat kandungan lokal yang dibebankan pemerintah sebesar 30 persen untuk perangkat 4G LTE. Pemerintah Indonesia rencananya bakal memberlakukan aturan TKDN secara efektif mulai awal tahun depan.

Namun kemungkinan iPhone 6s atau iPhone 7 bisa masuk ke Indonesia mulai tahun depan menyusul Apple berencana membangun sejumlah pusat riset dan pengembangan teknologinya di sini pada tahun 2017 mendatang. Hal tersebut dipastikan Menkominfo Rudiantara belum lama ini.

[source site_name = “Kompas Tekno” site_url = “http://tekno.kompas.com/read/2016/11/10/18083407/tokopedia.stop.penjualan.iphone.bm.”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah