Telegram Messenger 3.14: Insant View, Mode Daftar Grup dan Telegraph

Rabu, 23 November 2016 | 13:54

Telegram Messenger sebagai aplikasi chat favorit tim MakeMac, hari ini punya update ke versi 3.14 for iOS dengan banyak hal seru! Yaitu mode Instant View, groups in common hingga layanan telegra.ph untuk membagikan catatan menarik! Simak kutipannya dulu yuk:

-Instant View. Telegram apps will instantly open articles from Medium.com and some other sites. No more waiting for the pages to load! Tap on the “Instant View” button below this message to see how it works.-Groups in common.-Jump to date-‘View Pack’ option for recent stickers.-App becomes blurred in the task switcher if a passcode is set.-Also introducing telegra.ph, a publishing tool.

Catatan pertama adalah fitur Instant View yaitu mode untuk melihat tautan yang dibagikan secara cepat dan mudah. Kamu tidak perlu menekan tautan ini lagi untuk masuk ke in-app browser. Cukup pilih tombol Instant View di bagian bawah, artikel akan otomatis tampil tanpa perlu mengunggu lama. Di masa awal ini, Telegram baru memberikan dukungan untuk Instant View terhadap catatan dari laman Medium atau webiste TechCrunch ya.

Lanjut ke fitur Group in common, mode ini memudahkan kamu untuk melihat daftar grup yang kamu dan teman tersebut ikuti. Tinggal masuk ke jendela chat, pilh Contact di bagian atas dan tekan tombol Group in Common. Cara ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin membuka ulang grup chat yang sudah lama tidak disinggahi dan tidak mengingat namanya.


Baca Juga:


Fitur Telegraph

Telegraph adalah publishing tool terbaru dari Telegram! Jika kamu merasa blogging dengan WordPress, Medium atau layanan lainnya terlalu ribet, bisa coba gunakan telegra.ph ya! Begitu membuka halaman tersebut, pengguna akan disambut dengan 3 kolom teks yaitu Title, Name dan Story. Tulis cerita yang ingin kamu bagikan dan setelah selesai tinggal tekan publish. Telegraph akan membuat URL baru dari catatan tadi dan langsung bagikan kepada teman. Jika kamu menggunakan Telegrah di perangkat komputer, ada mode cepat untuk mode embed dari Twitter, YouTube, unggah gambar dan formatting text sesuai kebutuhan.

Contoh penggunaan paling menarik dari Telegraph adalah membuat catatan untuk sebuah Telegram Channel, cerita singkat yang ingin kamu bagikan kepada teman dan beragam hal lainnya. Saya sudah mencoba Telegraph dan hasilnya sangat memuaskan, berikut ini salah satu contohnya.

Kelemahan terbesar di Telegraph adalah penggunaan kolom Name yang bisa dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk mencatut nama orang lain dan membuat tulisan yang tidak benar misalnya.

Buruan Update!

Masih banyak fitur baru lainnya di Telegram Messenger 3.14 nih! Mulai dari melihat Sticker Pack secara lebih cepat dengan tekan dan tahan sentuhan di layar, jump to date untuk berpindah ke catatan chat yang sudah beberapa hari lalu serta beberapa hal lainnya.

Segera unduh Telegram Messenger versi terbaru dan selamat menikmati fiturnya!

Download Telegram Messenger · Harga: Gratis


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan