Sejumlah Pengguna MacBook 12 Inci Mengalami Masalah Keyboard Macet

Selasa, 24 Januari 2017 | 10:00

Beberapa pengguna MacBook 12 inci kabarnya mendapatkan masalah di bagian keyboard. Yaitu posisi tuts keyboard nyangkut alias tidak dapat kembali pada posisi semula. Hal ini dialami oleh banyak pengguna dan dikeluhkan pada halaman Apple Discussion Grup.

The “i” key on the keyboard of my 12 inch Macbook is sticking. It does not have the same “click” or tactile feedback that the other keys have. I try to keep the keyboard clean and free of crumbs, dust, etc, however something just doesn’t seem right.

Masih dari sumber yang sama, masalah ini diduga terjadi karena debu atau kotoran yang terperangkap di tuts keyboard. Mengingat bentuk keyboard MacBook 12 yang sangat tipis, beberapa kotoran yang cukup lekat bisa menjadi kendala. Hal ini berakhir pada tuts keyboard tidak dapat digunakan karena terganggu oleh kotoran tersebut.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Mulai dari membersihkan dengan penyedot debu khusus untuk perangkat elektronik atau membawa MacBook kamu ke Apple Store guna mendapatkan perbaikan. Tips lain yang bisa dicoba adalah membongkar tuts yang macet dan membersihkan sendiri – tidak disarankan jika kamu belum punay pengalaman dalam membongkar komputer Mac.


Baca Juga:


Sebagai tambahan catatan, Apple juga punya catatan di Apple Support mengenai panduan membersihkan keyboard MacBook 12 inci. Yaitu menggunakan perangkat kompresor udara dan memegang perangkat MacBook dalam beberapa posisi yang ditentukan. Di akhir catatan juga ada keterangan jika cara di atas tidak berhasil membereskan masalah keyboard tidak responsif, silahkan bawa ke Apple Retaill Store.

Bagi kamu yang belum tahu, MacBook 12 inci pertama kali hadir pada tahun 2015 dengan fitur Butterfly Keyboard. Teknologi baru ini menjamin setiap tuts keyboard menjadi lebih stabil, responsif dan nyaman untuk mengetik dalam durasi waktu yang lama. Teknologi lainnya yang bisa didapatkan berkat Butterfly Keyboard adalah ukuran tuts yang 17% lebih besar dan permukaan yang lebih tipis hingga 40%.


Ini Harga Resmi MacBook Pro 2016 di Indonesia

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/01/23/12-inch-macbook-stuck-keys/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan