Transaksi Apple Pay Meroket 50 Persen di 2016

Kamis, 26 Januari 2017 | 13:03

Transaksi dengan menggunakan layanan pembayaran digital Apple Pay yang ada di perangkat iOS, Apple Watch, dan komputer Mac tercatat mengalami pertumbuhan signifikan selama tahun 2016 kemarin.

Menurut data baru yang dirilis firma analitik TXN (via 9to5Mac), jumlah transaksi dengan menggunakan layanan pembayaran dari Apple tersebut kurun waktu 12 bulan di 2016 meningkat lebih dari 50 persen.

TXN juga mencatat toko-toko di mana transaksi penggunaan Apple Pay paling banyak. Yaitu, Duane Reade menempati posisi pertama dengan jumlah transaksi mencapai 1,8 persen. Di posisi kedua dalah Whole dengan persentase sebesar 1,7 persen.

Sementara itu, jumlah transaksi Apple Pay di website dan aplikasi juga tercatat cukup tinggi. Di peringkat pertama ada HotelTonight yang menguasai 3,4 persen. Di posisi-posisi berikutnya ditempati layanan pengiriman makanan berbasis aplikasi, yaitu Caviar, Postmates, dan DoorDash.


Baca juga:


Data dari TXN berbeda dari data yang diungkapkan Apple dalam pengumuman laporan keuangan kuartal terakhir 2016 lalu. Saat itu, mereka menyebutkan transaski dengan menggunakan Apple Pay naik 500 persen dari tahun sebelumnya. Meski datanya berbeda, peningkatan jumlah transaksi Apple Pay tetap mengesankan dari waktu ke waktu. Dari awalnya hanya tersedia di beberapa negara, layanan pembayaran ini sudah menyambangi belasan negara.

Meningkatnya transaksi penggunaan Apple Pay sendiri terdongkrak berkat banyaknya jumlah bank-bank baru yang mendukung layanan tersebut. Belum lagi, Apple sudah mengekspansinya ke lebih banyak negara.

Terhitung, Apple Pay saat ini tersedia di 12 negara, yaitu AS, Inggris, Australia, Kanada, Tiongkok, Jepang, Hong Kong, Singapura, Selandia Baru, Prancis, Spanyol, dan Rusia. Bahkan Apple rencananya bakal meluncurkan Apple Pay di negara lainnya, salah satunya di Jerman.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/01/25/apple-pay-usage-retailers-txn-analytics/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah