Apple Adakan Rapat Terakhir di Infinite Loop Sebelum Pindah ke Apple Park

Rabu, 01 Maret 2017 | 12:48

Apple baru saja mengadakan rapat tahunan dengan para pemegang sahamnya di kampus 1 Infinite Loop, Cupertino. Rapat ini bakal menjadi yang terakhir dilakukan sebelum berpindah kantor ke kampus barunya yang dinamakan Apple Park,

Dalam rapat itu, Apple seperti dilansir 9to5Mac mengadakan pemungutan suara untuk memilih 9 proposal yang terdiri atas 5 proposal dari investor dan 4 proposal sisanya dari Apple sendiri. Para investor dalam proposalnya mengusulkan beberapa perubahan, seperti menjalankan mandat keberagaman di tingkat eksekutif dan cara kompensasi diberikan.

Namun dilaporkan tidak ada satupun proposal dari para investor tersebut yang disetujui. Sebaliknya, proposal Apple yang mendapatkan persetujuan dari peserta rapat yang hadir.

Selanjutnya, sejumlah petinggi Apple, CEO Apple Tim Cook dan General Counsel Bruce Sewell, mengadakan sesi tanya jawab seputar bisnis-bisnis Apple, termasuk produk baru, jumlah pelanggan Apple Music, perkembangan toko ritelnya di seluruh dunia, dan keberagaman pegawai.

Ditanya soal AirPods, Tim Cook mengatakan Apple berupaya keras untuk memproduksi earphone nirkabel itu dengan cepat sebisanya. Dia juga mengatakan AirPods disebutnya fenomena budaya cukup aman digunakan. Apple ditegaskan tidak bakal menjualnya jika tidak aman.

Menariknya dalam sesi tanya jawab soal AirPods, Apple memutar video iklan AirPods dalam warna hitam putih di hadapan para investor. Namun sayangnya, video iklannya tampaknya belum siap dirilis buat publik.

Beralih ke topik layanan Apple Music, Tim Cook mengungkapkan bahwa layanan musik streamingnya kini sudah memiliki jumlah pelanggan berbayar mencapai 20 juta orang. Jumlah pengguna diharapkan terus meningkat di masa mendatang.


Baca juga:


Sementara itu, Apple menargetkan jumlah pelanggan berbayar layanannya di iTunes termasuk layanan dari pihak ketiga, seperti Netflix dan Hulu, secara keseluruhan bakal mencapai 150 juta orang. Jumlah yang sangat besar yang mana Apple mengambil sebagian keuntungan.

Berikutnya, Tim Cook mencatat bahwa toko ritel Apple di seluruh dunia saat ini berjumlah 491 buah yang tersebar di 18 negara. Dalam menjalankan bisnis tokonya, Apple mengatakan menggunakan 93 persen energi terbarukan.

Masih banyak topik yang dibahas Apple dalam rapat tersebut, seperti peningkatan keberagaman pegawai di tingkat perusahaan dan suppliernya, adakah untuk membuat ponsel berdesain bulat, kebijakan Donald Trump, dan rencana untuk melahirkan produk yang menyasar kalangan profesional.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/02/28/apple-annual-shareholders-meeting/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah