Phill Schiller Bahas App Store, Voice Assistant Tanpa Layar dan Swift

Senin, 08 Mei 2017 | 10:35

Siapa yang tidak kenal Phill Schiller? Pria yang setia berada di Apple dan sekarang menjabat sebagai Senior Vice President Worldwide Marketing, beberapa waktu lalu punya cerita menarik seputar beberapa hal. Dalam sesi wawancara oleh media NDTV dari India, Phill menceritakan beberapa hal terbaru seputar Apple. Mulai dari App Store, voice assistant dan juga bahasa pemrograman Swift.

Phill Schiller berada di Bengaluru untuk bertemu dengan para pengembang aplikasi dari India yang menggunakan fasilitas baru dari Apple bernama App Accelerator. Di tempat ini para pengembang aplikasi dapat saling bertemu, diskusi atau melakukan konsultasi kepada pihak Apple untuk masalah pengembangan aplikasi buatan mereka. Menurutnya App Accelerator di India adalah tempat pertama yang dibuat oleh Apple dengan semangat berbagi pengetahuan seputar pengembangan aplikasi dan belum ada di tempat lain.

Masuk ke beberapa sesi tanya jawab, Phill Schiller menjelaskan tentang strategi Apple yang tidak menerapkan sistem upgrade pricing di App Store. Menurutnya App Store kurang tepat untuk menggunakan sistem tersebut dan bisa membuat para pelanggan kebingungan. Apple lebih nyaman dengan metode berlangganan yang sudah dibuka untuk semua kategori aplikasi, terutama untuk para pengembang games.

I think for many developers, subscription model is a better way to, go than try to come up with a list of features, and different pricing for upgrade, versus for new customers.

Melanjutkan tentang upgrade pricing di App Store, sistem berlangganan dianggap lebih cocok dan mudah dalam pengembangan. Para pengembang juga masih terus berminat untuk membawa aplikasi mereka ke jenis layanan berlangganan. Namun jika nantinya semakin banyak pihak pengembang yang ingin mengarahkan kepada sistem upgrade priceing, Apple dengan sangat senang hati akan membuka pikiran untuk rencana strategi tersebut.


Baca Juga:


Masih dari laman sumber berita, Phill Schiller juga mendapatkan pertanyaan seputar hardware dengan fitur voice assistant saja – tanpa layar dan hal visual lainnya. Menurutnya perangkat tersebut bisa jadi hal yang menarik dan membantu pengguna dalam beberapa kondisi. Seperti saat mengendari mobil dan butuh bantuan dari Siri sebagai voice assistant, mengganti musik dari kamar sebelah di rumah atau beberapa kegiatan lain. Bahkan menurutnya perangkat tersebut juga bisa cukup menarik untuk digunakan sebagai media bermain games. Sayangnya pria yang berasal dari Amerika Serikat ini tidak ingin bercerita apakah Apple dalam waktu dekat akan merilis perangkat tersebut, sejenis dengan Google Home atau Amazon Echo.

Penjelasan berikutnya adalah bahasa pemrograman Swift yang dibuat Apple dan sudah masuk versi 3.0 sejak tahun lalu. Phill merasa bangga karena bahasa pemrograman ini terus tumbuh dan digunakan oleh lebih banyak pengembang dalam waktu cukup singkat. Adaptasi penggunaan Swift ternyata hadir di beragam usia, mulai dari kaum pelajar hingga para pengembang aplikasi kelas dunia. Hal lain yang juga dibahas mengenai Swift adalah penggunaan Swift Playgrounds, aplikasi edukasi dengan konsep dasar bahasa pemrograman Swift untuk anak. Dengan aplikasi ini secara tidak langsung anak kecil yang menggunakannya dapat belajar logika dasar pemrograman dan bisa saja mendapatkan motivasi untuk belajar menjadi developer.

Phill Schiller juga menjanjikan banyak hal baru yang menarik untuk Swift di WWDC 2017 nanti. Dia tidak membocorkan sedikitpun dan hanya menjelaskan hal tersebut ketika mendapatkan beberapa pertanyaan yang lebih spesifik mengenai penggunaan dan implementasi Swift.

Bagaimana pendapat kamu mengenai penjelasan Phill Schiller? Apakah Apple akan segera merilis Siri dalam bentuk speakar alias voice assistant tanpa layar atau mungkin tertarik dengan pembahasan Swift dan App Store? Bagikan di kolom komentar ya!


10 Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Apple Park

[source site_name = “ndtv” site_url = “http://gadgets.ndtv.com/apps/features/phil-schiller-upgrade-pricing-google-home-amazon-echo-swift-1690180”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan