5 Fitur Terbaru di macOS High Sierra yang Paling Ditunggu

Senin, 12 Juni 2017 | 15:25

Di Keynote WWDC 2017, Apple mengenalkan macOS High Sierra dengan beragam fitur baru dan peningkatan menarik untuk pengembang atau pengguna umum. Meskipun mendapatkan waktu yang singkat, ternyata macOS High Sierra menyimpan beragam fitur yang tidak dibahas oleh Apple.

Dikutip dari beragam sumber, berikut ini deretan fitur menarik di macOS High Sierra yang dapat mulai digunakan dari versi Developer Beta 1:

5 Fitur Terbaru di macOS High Sierra

1. Edit Live Photos

Di iOS 11 dan macOS High Sierra, Apple memberikan beberapa fitur baru untuk mode Live Photos. Salah satunya adalah edit Live Photos untuk mengganti efeknya menjadi Loop, Bounce dan Long Exposure. Fitur ini dapat digunakan untuk sebuah dokumen Live Photos yang kamu buka di App Photos atau disimpan lewat iCloud Photo Library lalu tekan tombol Edit. Selain 3 efek tersebut, mode edit Live Phtos juga menyimpan beberapa fitur olah gambar lainnya. Yaitu Trim, Mute dan juga memiliki Key Photo untuk setiap dokumen Live Photo yang kamu miliki.

2. Safari Reader View

Sering menggunakan Reader View di Safari for Mac namun malas untuk menekan tombolnya setiap membuka tab baru? Tenang, di macOS High Sierra ada fitur untuk membuka setiap tab website dengan mode tampilan artikel di fitur Safari Reader View. Bahkan kamu dapat mengatur setiap website secara personal untuk menggunakan mode Reader View jika mendukung mode tersebut serta pengaturan fitur Content Blockers.

Dengan Reader View, kamu dapat lebih fokus terhadap artikel utama di website tersebut tanpa gangguan tampilan yang mungkin terlalu ramai atau iklan dan fitur navigasi di dalamnya. Pengguna macOS High Sierra yang ingin menggunakan mode Reader View bisa melakukan pengaturan di Safari – Preferences – Website.


Baca Juga:


3. Catatan dengan Tabel di App Notes

Sejak iOS 10 dan macOS Sierra, app Notes mendapatkan banyak fitur menarik seperti keamanan password dan mode sketsa gambar. Kini di macOS High Sierra, ada fitur untuk membuat catatan dalam bentuk tabel untuk aplikasi Notes. Kamu bisa mendapatkan mode tersebut dari Menu Bar Format – Table atau tekan ikonnya di bagian Toolbar untuk mendapatkan tabel dengan format 2×2.

Sebagai tambahan catatan, Notes di macOS High Sierra juga mendukung Pin Notes ya. Fitur ini berguna untuk mengunci catatan yang ingin selalu kamu lihat di list bagian atas. Cara menggunakan fitur ini adalah akses lewat Menu Bar File atau gunakan shortcut klik kanan mouse.

4. Fitur Share di iCloud Drive

Fitur baru di macOS High Sierra juga hadir untuk layanan iCloud Drive. Kamu bisa menggunakan mode Share dan memilih nama teman atau tim kerja yang juga menggunakan iCloud Drive untuk langsung mendapatkan dokumen yang sama. Cara menggunakan fitur ini juga sangat mudah dan cepat.

Tingga buka Finder dan masuk ke Sidebar untuk iCloud Drive. Setelah itu pilih dokumen yang ingin kamu bagikan dengan cara klik kanan lalu pilih Share – Add People. Lanjutkan dengan mengetik alamat email teman atau rekan kerja kamu dan lakukan pengaturan Sharing Options. Setelah itu iCloud Drive akan mengirim email dengan tautan ke iCloud for Web dari dokumen tersebut.

5. Simpan Momen Istimewa di Panggilan FaceTime

Aplikasi FaceTime di macOS High Sierra juga punya fitur baru yang tidak kalah menarik. Yaitu mode capture atau merekam panggilan FaceTime yang kamu lakukan dan berbentuk dokumen Live Photos untuk momen terbarik. Sebagai standar privasi, setiap pihak akan mendapatkan notifikasi jika tombol Capture dipilih dan hasilnya akan tersimpan di app Photos.

Akhir Kata

Masih banyak fitur menarik lainnya dari macOS High Sierra yang dapat segera kamu coba, jika sudah rilis untuk pengguna umum. Untuk rilis awal, macOS High Sierra baru tersedia bagi pengembang di Apple Developer saja. Akhir bulan Juni 2017 nanti, para pengguna yang terdaftar di Public Beta akan dapat bagian untuk mencoba sistem operasi ini jika sudah mendaftar di laman berikut ini. Sedangkan untuk versi final, Apple berjanji akan merilis macOS High Sierra di musim gugur alias September 2017.


Daftar Komputer Mac yang Mendukung Update macOS High Sierra

[source site_name = “gizmodo” site_url = “http://fieldguide.gizmodo.com/the-best-macos-high-sierra-features-you-probably-havent-1795955989”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan