Workspaces, Panggil Dokumen dan Aplikasi Berbasis Kegiatan

Kamis, 27 Juli 2017 | 14:19

Workspaces adalah aplikasi yang berguna untuk membantu kamu mendaftarkan beragam aplikasi, dokumen atau hal lainnya yang akan kamu kerjakan dalam sebuah kegiatan. Kamu bisa dengan cepat memanggil beragam kebutuhan tersebut untuk mengerjakan sebuah projek lewat beberapa klik secara instan. Tim MakeMac sudah mencoba aplikasi ini dan ingin berbagi review kepada para Sahabat MakeMac. Yuk simak!

Mengenal Workspaces

Secara tampilan, aplikasi ini bersembunyi di Menu Bar komputer Mac dengan ikon kecil di bagian kanan. Saat pertama kali membuka Workspaces, kamu akan mendapatkan panduan sederhana untuk mengatur Workspace atau daftar beragam hal yang dibutuhkan. Tinggal tekan ikon + di bagian kiri bawah layar lalu berikan nama yang diperlukan.

Setelah itu pilih aplikasi, dokumen, link website atau beberapa hal lain yang ingin kamu jadikan satu tempat dalam sebuah projek di Workspaces. Agar lebih mudah dan cepat, silakan gunakan sistem drag and drop dari Finder ke kotak yang sudah disediakan oleh Workspaces. Masih bingung tentang contoh penggunaan Workspaces? Gampang banget sebetulnya, kamu bisa mencontoh cara saya berikut ini.

Pertama untuk Workspaces dengan nama MakeMac Content, saya akan mendaftarkan website MakeMac.com, aplikasi untuk menulis artikel yaitu Byword, clipboard manager dari ClipMenu dan juga Feedly. Dengan daftar ini, saya hanya perlu menekan ikon Workspaces di bagian Menu Bar lalu pilih MakeMac Content dan Start. Semua daftar tadi akan terbuka dan berjalan dalam satu layar. Lanjut ke Workspaces berikutnya yaitu Hiburan, saya bisa pindah kursor ke layar tambahan atau gunakan mode Spaces (akses layar virtual berikutnya dengan shortcut Control + panah kiri atau kanan) dan memanggil “paket” ini. Isinya adalah Spotify, website untuk mencari lirik musik atau mungkin peramban dengan akses ke YouTube.


Baca Juga:


Beragam Pengaturan Tambahan di Workspaces

Selain cara dasar yang saya jelaskan di atas, Workspaces juga punya beberapa pengaturan tambahan yang mudah diakses. Tinggal tekan ikon Workspaces di Menu Bar dan akses ikon gir. Ada 4 tab yang bisa kamu buka yaitu General, Editor, Browser dan Shortcuts. Beberapa pengaturan yang tersedia adalah menjalankan Workspaces saat komputer pertama dihidupkan, shortcuts dalam beragam daftar dan mode tampilan serta animasi yang bisa kamu matikan.

Saya sudah mencoba Workspaces dan mulai tertarik untuk merapikan penggunana aplikasi dan dokumen saya dalam beberapa jenis lembar kerja untuk bisa dipanggil kapan saja. Kemudahan pengaturan, tampilan di Menu Bar dan beragam shortcut cepat adalah hal menarik yang ada di Workspaces. Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

Kamu bisa membeli Workspaces di Mac App Store dengan harga $7.99 atau sekitar 119 ribu Rupiah. Cara kedua yang bisa kamu dapatkan adalah berlangganan aplikasi Setapp by MacPaw untuk menikmati Workspaces dan puluhan aplikasi lainnya dengan sistem berlangganan bulanan. Info lengkap mengenai Setapp dapat kamu baca di kumpulan artiken berikut ini.

Download Workspaces · Harga: 119000


Update Folx 5.2 Bawa Peningkatan Beragam Fitur Andalan


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan