Benarkah Apple Bakal Bangun Tiga Pabrik Besar di AS? Ini Kata Analis

Jumat, 28 Juli 2017 | 16:28

Janji CEO Apple Tim Cook yang diungkapkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump beberapa hari lalu untuk membangun sejumlah pabrik manufaktur besar di AS diragukan para analis dapat terwujud.

Menurut analis Carolina Milanesi dari Creative Strategies seperti dilansir 9to5Mac, kemungkinan bagi Apple untuk membangun tiga pabrik manufaktur di AS sangat kecil sekali. Alasannya memindahkan produksi iPhone dan iPad ke AS berpotensi mengurangi margin keuntungan Apple.

Supply-chain experts and analysts say the prospect of Apple building one plant in the U.S.—much less three—is highly unlikely. Apple has built a sophisticated supply chain in China because that is where component suppliers are located, and manufacturing workers are abundant there. Shipping iPhone or iPad materials to the U.S. for production would cut into Apple’s profit margins, observers say.

“You don’t go from small facilities for a Mac to three plants,” said Carolina Milanesi, an analyst with the technology firm Creative Strategies.

Beredar spekulasi menyebutkan bahwa Trump sudah membuat Foxconn bingung dengan Apple. Hal ini menyusul manufaktur rekananya kemarin sudah resmi bakal membangun pabrik baru di Wisconsin.

Jadi untuk saat ini, memindahkan produksi ke AS belum bisa dimungkinkan untuk dilakukan setidaknya dalam waktu yang cepat. Apalagi Apple dan pihak Gedung Putih sama-sama belum memberikan klarifikasi mengenai pernyataan Trump tersebut.

Apple sendiri sudah pernah mencoba memproduksi produknya di AS. Tepatnya pada 2012 lalu, mereka menggelontorkan dana investasi sebesar $100 juta untuk memproduksi Mac Pro. Namun hasilnya kurang sukses karena menghadapi banyak kendala.


Baca juga:


Tidak hanya itu mereka juga membuka pabrik baru di Texas dan California dengan menjalin kemitraan dengan dua manufaktur kontrakan, yaitu Flextronics and Quanta Computer. Tapi lagi-lagi, Apple mengalami kendala, seperti para pegawai yang mengundurkan diri karena upah rendah dan kontrol kualitas mayoritas produk yang diproduksi tidak memenuhi standar.

Benar tidaknya apa yang dikatakan Trump soal Apple yang berencana membangun pabrik besar di AS tentunya harus mendapatkan konfirmasi langsung dari Apple. Namun hingga kini belum ada pernyataan resmi yang dikeluarkan.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/07/27/unlikely-apple-will-build-3-plants-u-s/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah