Google Bayar Apple $3 Miliar untuk Tetap Tersedia di Safari for iOS

Selasa, 15 Agustus 2017 | 10:51

Bagi kamu pengguna Safari di iOS, pasti sering memasukkan kata pencarian di address bar dan langsung menemukan hasilnya lewat search engine Google. Ya, Google memang sudah lama menjadi search engine bawaan atau default di peramban Safari for iOS dan ini tentunya tidak gratis. Kabarnya untuk tahun ini Google akan membayar Apple dengan nilai $3 miliar untuk tetap memegang “kursi” tersebut. Informasi ini didapatkan dari catatan sebuah firma finansial ternama via CNBC.

The firm believes that Google will pay Apple about $3 billion this year, up from $1 billion just three years ago, and that Google’s licensing fees make up a large bulk of Apple’s services business.

Sesuai dengan kutipan di atas, Google beberapa tahun lalu sudah menggunakan angka $1 miliar untuk membayar Apple agar layanannya tetap bertahan di Safari for iOS. Hal ini bocor dari sebuah laporan rahasia yang pernah tim MakeMac beritakan sebelumnya. Kini setelah berselang beberapa tahun, kontrak tersebut harus diperbarui dan nilainya tentu saja meningkat tajam.


Baca Juga:


Pembayaran ini tentunya menguntungkan kedua belah pihak dan bahkan kabarnya angka tersebut bisa menjadi 5% dari total laba usaha Apple untuk tahun ini. Masih dari laman sumber berita, disebutkan juga bahwa perangkat Apple masih menjadi sumber pendapatan bagi Google dari bagian hasil pencarian di perangkat mobile device. Angka yang diprediksi juga cukup besar yaitu sekitar 50%, tentunya hal ini tidak bisa dilewatkan oleh Google untuk tetap memegang predikat sebagai search engine bawaan di Safari.

Saya pribadi tidak pernah mengubah search engine yang ada di Safari, selalu menggunakan Google. Namun jika kamu ingin menggunakan layanan lain, silakan ubah lewat Settings – Safari – Search Engine. Di perangkat dengan iOS 10 kamu bisa menemukan pengaturan untuk Google, Yahoo, Bing dan DuckDuckGo.

[source site_name = “CNBC” site_url = “https://www.cnbc.com/2017/08/14/google-paying-apple-3-billion-to-remain-default-search–bernstein.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan