Apple: Banyak Perusahaan Mulai Kembangkan Aksesoris Smart Connector

Selasa, 15 Agustus 2017 | 14:35

Apple pertama kali mengenalkan Smart Connector sebagai konektor baru di iPad Pro 12.9 sejak dua tahun lalu. Namun sayangnya hingga saat ini belum banyak aksesoris yang menggunakan port tersebut. Jika dihitung secara total hanya 4 aksesoris saja baik dari Apple atau merek pihak ketiga seperti Logitech. Namun tenang, kabarnya sejumlah perusahana sedang dalam proses membuat aksesoris keyboard dengan Smart Connector dan segera rilis dalam waktu dekat.

Apple confirmed that multiple companies are now developing Smart Connector accessories. But for now, what could be a platform for accessory innovation instead seems like an afterthought.

Masih dikutip dari laman sumber, Apple memang bekerja sama secara eksklusif dengan Logitech untuk aksesoris keyboard Smart Connector. Terbukti ketika pertama kali rilis iPad Pro 12.9 inci, merek Logitech juga langsung merilis aksesoris tersebut. Begitu juga saat Apple mengenalkan iPad Pro 9.7 inci tahun 2016 serta iPad Pro 10.5 inci di tahun ini. Merek lain masih terus melakukan riset untuk menghadirkan produk serupa dan tidak ingin terburu-buru.


Baca Juga:


Laman Fast Company juga telah melakukan wawancara pada beberapa pihak merek aksesoris ternama yang berminat membuat aksesoris Smart Connector. Kendala terbesar yang dialami adalah harga komponen yang cukup mahal dan waktu tunggu cukup lama untuk proses kerjasama dengan Apple. Opini tambahan yang disampaikan oleh para produsen aksesoris ini adalah kelemahan keyboard Smart Connector yang hanya bisa digunakan pada perangkat iPad dengan mode mendatar – sejumlah pengguna iPad lebih nyaman jika mengetik dalam posisi iPad secara tegak atau potrait.

Alasan lainnya adalah teknologi Bluetooth yang sudah semakin maju dan bisa digunakan sebagai keyboard eksternal pada perangkat gadget lain – iMac misalnya. Masalah baterai boros yang selama ini menjadi momok para pengguna aksesoris Bluetooth juga sudah berhasil diatasi oleh teknologi terbaru. Kini sudah banyak keyboard nirkabel dengan kemampuan baterai hingga beberapa bulan bahkan ada yang mengklaim bisa bertahan hingga 2 tahun.


Logitech CREATE: Keyboard Khusus iPad Pro dengan Case dan Backlight

[source site_name = “fast company” site_url = “https://www.fastcompany.com/40444215/why-the-ipad-pro-smart-connector-accessory-business-isnt-booming”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan