Apple Siap Hadirkan Film Baru dalam 17 Hari Setelah Rilis di Bioskop

Senin, 21 Agustus 2017 | 15:00

Apple dikabarkan dalam proses pembicaraan dengan sejumlah pihak studio film besar Hollywood untuk membawa film-film baru ke iTunes Store dalam beberapa minggu setelah debutnya di bioskop.

Sebagaimana diberitakan Bloomberg, ComCast, Universal Pictures, dan Warner Bros adalah sejumlah studio film Hollywood yang terlibat dalam pembicaraan kerja sama tersebut. Dalam pembicaraannya, Apple ingin film tersebut bisa hadir di iTunes dalam hitungan minggu setelah dirilis di bioskop dengan biaya mulai $30-$50.

Secara rinci, Apple bakal mengenakan $50 untuk film yang sudah dirilis setelah 17 hari di bioskop dan $30 untuk film yang dirilis setelah 4–6 minggu. Meski demikian, mereka dalam negosiasinya dilaporkan belum menemui kata sepakat.

Apple rencananya bakal menguji coba layanan barunya untuk menghadirkan film bioskop lebih cepat tersebut di luar negeri terlebih dahulu. Menyusul kemudian di negara kampung halamannya, AS. Proses negosiasi ini sendiri diharapkan selesai pada awal tahun depan.

The terms being discussed vary between each studio and each cinema chain, with some talks focusing on a release date of about 17 days after debut, for about $50, or four to six weeks from release for $30, people familiar with the talks said. Another possibility is first experimenting with a new release window overseas before trying it in the U.S., which is the biggest home-entertainment market, one of the people said.


Baca juga:


Tidak semua studio film Hollywood tertarik dengan proyek Apple ini. Pasalnya, Disney dilaporkan menolak bekerja sama. Sementara Lions Gate Entertainment berharap layanan seperti ini bisa diluncurkan dalam waktu satu tahun lagi.

Selain itu, Apple juga masih dalam proses kerja sama untuk menghadirkan layanan bundle TV premium dan layanan video berlangganan. Jika disepakati, kerja sama untuk merilis film bioskop di iTunes Store lebih cepat tersebut bisa membuat layanan tayangan konten video yang dijual Apple semakin menarik dan penjualannya menjadi naik.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-08-18/hollywood-apple-are-said-to-mull-rental-plan-defying-theaters”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah