Layanan Apple Developer Down, Diduga Ulah Peretas Rusia

Kamis, 07 September 2017 | 11:35

Layanan Apple Developer beberapa jam lalu sempat down alis tidak bisa diakses. Hal ini diketahui oleh laman 9To5Mac dengan sumber berupa beberapa Tweet para pengembang aplikasi di App Store. Tidak seperti proses down biasa, gangguan ini kabarnya dilakukan oleh peretas asal Rusia. Ya, ini karena sejumlah akun di Apple Developer kabarnya mengalami penggantian alamat oleh pihak yang tidak berwenang. Yaitu ke alamat di daerah Rusia dengan keterangan rincian yang sama.


Baca Juga:


Para pengembang memang tidak selalu mengecek akun Apple Developer mereka setiap saat. Namun terkadang dalam melakukan pengembangan aplikasi di Xcode, ada proses untuk mengecek akun Apple Developer dan melihat kode yang pernah didaftarkan sebelumnya atau hal lain. Hal inilah yang menyebabkan masalah tersebut cepat terdeteksi. Sehingga hanya dalam waktu beberapa jam saja, akses di Apple Developer sudah kembali normal.

Masih dikutip dari laman sumber berita, kabarnya masalah ini terjadi karena celah keamanan CVE–2017–9805. Dijelaskan dalam laman informasi tersebut, ada celah keamanan dari Apache Struts jika menggunakan proses remote code execution. Penutupan celah keamanan sudah dirilis hari ini dan Apple juga telah menggunakan patch tersebut. Sehingga kini akses Apple Developer sudah aman dari masalah peretasan.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang mengalami kendala akses Apple Developer beberapa jam lalu? Bagikan di kolom komentar ya!

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2017/09/06/apples-developer-center-may-be-down-due-to-a-security-breach/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan