Google Drive for Mac Segera Ditutup, Ganti dengan Backup and Sync

Jumat, 08 September 2017 | 18:01

Google beberapa waktu lalu mengumumkan akan mengganti aplikasi Google Drive for Mac atau PC dengan Backup and Sync. Prosesnya masih dalam masa percobaan saat tim MakeMac membagikan catatannya beberapa pekan lalu.

Kini di catatan terbarunya, Google menyebutkan bahwa aplikasi Google Drive akan berhenti mendapatkan fitur baru mulai 11 Desemberr 2017. Sedangkan untuk aksesnya, akan sepenuhnya ditutup pada 30 Maret 2018. Selama menunggu waktu tersebut, pengguna akan mulai mendapatkan informasi ini mulai Oktober 2017 lewat email.

Support for Google Drive for Mac/PC ending on December 11th, 2017; Google Drive for Mac/PC to stop working on March 12, 2018


Baca Juga:


Tidak perlu khawatir dengan dokumen yang sudah kamu simpan di layanan tersebut, kamu hanya perlu instal aplikasi penggantinya. Menggunakan nama Backup and Sync, aplikasi pengganti dari Google Drive ini juga sekaligus berfungsi sebagai backup dokumen foto dan video. Intinya Backup and Sync adalah pengganti untuk aplikasi Google Drive dan Google Photos yang lebih mudah digunakan dan semuanya bisa diakses dalam 1 tempat.

Sebagai catatan tambahan, Google juga saat ini sedang mengembangkan satu lagi aplikasi untuk layanan cloud service mereka, khususnya bagi pengguna kalangan perusahaan. Menggunakan nama Drive File Stream, aplikasi ini punya beberapa pengaturan yang tidak ada di Backup and Sync dengan tujuan untuk menghemat pemakaian storage internal di komputer kamu.

Contohnya adalah mode Stream on Demand alias akses dokumen pilihan di cloud service dari Google tanpa perlu mengunduh semuanya dalam satu folder. Kamu juga bisa akses bagian Team Drives alias dokumen yang dibagikan oleh teman atau rekan kerja lewat layanan tersebut. Masih ada beberapa penjelasan lainnya dari Google untuk perbedaan layanan Drive File Stream untuk pengguna dalam skala tim kerja dan juga aplikasi Backup and Sync sebagai layanan cloud service untuk personal. Silakan akses di laman Google sync solution ya!

[source site_name = “Google” site_url = “https://gsuiteupdates.googleblog.com/2017/09/drive-file-stream-from-google.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan