Komparasi Kualitas Video dari Kamera iPhone 8 Plus Lawan Galaxy Note 8

Selasa, 03 Oktober 2017 | 16:36

iPhone 8 Plus boleh saja tidak mengusung spesifikasi segahar Galaxy Note 8 dari Samsung. Namun kamera lensa ganda 12 megapiksel milik iPhone 8 Plus mampu bersaing dengan kamera yang dimiliki ponsel pintar terbaru dari Samsung tersebut dalam beberapa pengujian.

Dalam uji eksposur, warna, dan autofokus yang dilakukan CNET, frame gambar dari video yang direkam kamera iPhone 8 Plus menghasilkan warna-warna yang lebih menarik. Begitu juga dengan warna kulit, hasilnya terlihat lebih alami dibandingkan video dari Galaxy Note 8 yang terlihat pudar dan datar.

Galaxy Note 8 tampil lebih baik saat digunakan untuk merekam area dengan cahaya yang terang. Smartphone Android ini mampu menyesuaikan pencahayaan dengan lancar. Sedangkan iPhone 8 Plus cenderung meredupkan cahaya di latar.

Dalam merekam subjek bergerak, autofokus Galaxy Note 8 juga tampil lebih cepat. Namun saking cepatnya, hasilnya terlihat tersentak-sentak. Sebaliknya, iPhone 8 Plus menyesuaikan fokus secara perlahan-lahan dengan hasil yang halus, lebih alami, dan sinematis.

Untuk kestabilan, Galaxy Note 8 lebih unggul daripada iPhone 8 Plus. Pasalnya kamera lensa gandanya masing-masing dilengkapi dengan dua optical image stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS). Sedangkan iPhone hanya punya satu OIS di bagian lensa wide angle saja. Sehingga, hasil rekaman videonya lebih halus.

Menuju ke sektor kamera depan, iPhone 8 Plus adalah pemenangnya. iPhone ini mampu menghasilkan swafoto dengan kontras lebih baik dan dan warna yang lebih akurat dengan cahaya terang dari belakang. Bandingkan Galaxy Note 8 yang menghasilkan swafoto biasa saja. Bahkan hasil crop fotonya tidak lebih luas.

Berikutnya dalam hal audio, iPhone 8 Plus harus mengakui keunggulan kualitas audio di Galaxy Note 8. Keluaran speaker stereonya disebutkan lebih kaya dan lebih penuh dibandingkan iPhone 8 Plus.

iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 sama-sama sudah mendukung kemampuan merekam video 4K. Namun kemampuan merekam video 4K di iPhone 8 Plus jelas dua kali lebih baik karena mendukung frame rate 60fps lawas 30fps di Galaxy Note.


Baca juga:


Begitu juga kemampuan merekam video gerak lambat (slo-mo), iPhone 8 Plus lebih superior karena mampu mereka video slo-mo 1080 pada 120fps/240fps. Sedangkan Galaxy Note hanya mampu merekam video slo-mo 1080p pada 120fps dan 720p di 240fps.

Saat digunakan untuk merekam video dalam keadaan minim cahaya, iPhone 8 Plus menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Meskipun eksposurnya lebih gelap, hasil rakaman video dari iPhone 8 Plus terlihat lebih bersih dan tajam dengan noise yang sedikit. Sementara Galaxy Note menghasilkan video dengan noise yang cukup banyak.

iPhone 8 Plus juga mampu menangani perekaman video dengan sumber cahaya yang sangat terang dari matahari langsung. Hasilnya, iPhone tersebut menghasilkan video dengan lensa suar yang lebih halus. Sebaliknya, terlihat banyak lensa suar dan berkabut di Galaxy Note 8.

Nah apakah kamu masih meragukan kemampuan kamera iPhone 8 Plus? CNET sudah membuktikannya. Apalagi iPhone 8 Plus sebelumnya mendapatkan pujian dari DxOMark Labs untuk kualitas kamera dengan nilai paling tinggi di antara para pesaingnya.

[source site_name = “CNET” site_url = “https://www.cnet.com/news/iphone-8-plus-vs-galaxy-note-8-which-phone-has-the-best-video/#ftag=CAD590a51e”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah