App of The Day di App Store iOS 11 Tingkatkan Jumlah Unduhan Secara Fantastis

Rabu, 25 Oktober 2017 | 13:07

App Store di iOS 11 punya tampilan baru secara keseluruhan. Salah satu bagian paling menarik adalah tab Today yang berisi aplikasi dan games pilihan dengan update setiap hari. Apptopia, layanan analitik data untuk App Store ini menyajikan data menarik untuk daftar aplikasi dan games yang masuk dalam kategori Today di App Store iOS 11.

Menurut penelitian mereka, terjadi kenaikan jumlah unduhan sangat besar untuk aplikasi dan games tersebut, bahkan hingga mencapai 2.000%! Berikut ini grafik yang dapat kamu lihat dari laman Apptopia.


Baca Juga:


Masih dari laman sumber berita, ada beberapa data menarik yang bisa kamu cermati dari tabel tersebut. Pertama adalah kategori aplikasi terlihat lebih populer dibandingkan games. Kedua yaitu aplikasi dan games yang hadir di tab Today pada hari kerja (weekday) mendapatkan jumlah unduhan lebih besar jika dibandingkan pada akhir pekan (weekend). Terakhir adalah aplikasi dan games gratis jauh lebih popular dibandingkan konten berbayar.

Apptopia juga menjelaskan isi dari data yang digunakan. Mulai dari masa pengecekan selama 4 pekan alias 30 hari, juga data aplikasi dan games secara lengkap. Bagian aplikasi berbayar sejumlah 5 dari 30 aplikasi secara total. Sedangkan untuk games, ada 11 games berbayar diantara 30 nama games yang hadir. Penjelasan lainnya adalah seputar aplikasi yang sudah populer, tidak mendapatkan kenaikan jumlah unduhan secara signifikan. Mungkin karena sebagian besar pengguna App Store sudah mengunduh aplikasi tersebut sebelumnya. Sebagai contoh adalah aplikasi Starbucks yang sudah banyak diunduh oleh pengguna di dunia.

Perhitungan lebih lanjut juga melihat pada rangking aplikasi dan games di App Store. Beberapa aplikasi baru dan kurang terkenal yang masuk ke tab Today, mendadak langsung masuk ranking di setiap kategorinya. Itu artinya ada lonjakan rating aplikasi lebih dari 1.000 posisi yang terjadi pada 19 aplikasi dan 10 games. Games dan aplikasi yang sebelumnya sudah masuk dalam rangking, hanya mengalami perubahan rata-rata di angka 321 rangking sedangkan aplikasi di angka yang lebih kecil yaitu 137.

Saya pribadi sangat menikmati daftar App of The Day dan Games of The Day di App Store iOS 11. Apalagi tim App Store punya bagian kurasi konten yang juga memberikan beberapa katalog aplikasi dan cerita menarik, di balik sebuah aplikasi atau games yang bisa kamu unduh di tab Today. Bagaimana dengan kamu? Sering mengunduh konten di bagian baru App Store iOS 11? Bagikan di kolom komentar ya!


(iOS 11) Cara Menggunakan Offload Unused Apps untuk Hemat Kapasitas Penyimpanan

[source site_name = “apptopia” site_url = “https://blog.apptopia.com/new-app-stores-app-of-the-day-gets-an-average-download-boost-of-1747”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan