(Video) Tes Layar Burn-in iPhone X vs. Samsung Galaxy S7 Edge dan Note 8

Jumat, 05 Januari 2018 | 14:26

Apple sudah meluncurkan iPhone X dengan layar OLED untuk kali pertamanya. Walaupun kualitasnya lebih terang dan lebih hemat baterai dibanding LCD, layar OLED biasanya tidak pernah luput dari masalah layar burn-in.

Layar burn-in adalah efek ghost atau berbayang secara permanen pada layar disebabkan penggunaan piksel yang tidak teratur dalam waktu yang lama. Masalah ini bisa timbul kapan saja, bahkan setelah perangkat dipakai selama beberapa bulan sekalipun.

Namun sedikit beda untuk kasus iPhone X, layar OLED miliknya ternyata lebih baik dibandingkan dengan layar OLED yang dimiliki flagship smartphone-smartphone dari Samsung. Hal tersebut terungkap dari hasil pengujian yang baru-baru ini dilakukan Cetizen.com.

Dari video pengujian yang diunggahnya ke YouTube (via Cult of Mac), Cetizen mengkomparasikan sebuah citra kosong warna putih dengan kecerahan layar yang diatur secara penuh di layar OLED iPhone X, Galaxy S7 Edge, dan Galaxy Note 8.

Untuk melihat perangkat mana yang pertama menderita efek burn-in, Cetizen melakukan pengecekan selang beberapa waktu. Hasilnya setelah 155 jam, Samsung Galaxy S7 Edge menderita sedikit efek burn-in dan Galaxy Note 8 menunjukkan efek burn-in lebih banyak.

Sementara itu hasil yang dicapai iPhone X cukup mengesankan. Efek burn-in baru terlihat setelah 510 jam. Jadi selama dipakai secara normal, iPhone X hampir mustahil menderita efek burn-in. Setidaknya efeknya tidak muncul terlalu cepat dibandingkan smartphone lain.

Penasaran dengan hasilnya? Kamu bisa melihat videonya di bawah ini.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Bisa kamu lihat, perbandingan kualitas layar OLED di iPhone X dengan smartphone Samsung sangat jauh meskipun kabarnya Apple memasok layar tersebut dari Samsung. Bisa jadi, Apple melakukan peningkatan di sisi layar OLED sehingga bisa memiliki kualitas yang lebih baik.

Apple sendiri menyediakan tips bagaimana mengatasi munculnya efek layar burn-in di iPhone X. Kamu bisa membaca tipsnya di artikel ini: Apple Bagikan Tips Mencegah Layar “Burn-In” di iPhone X

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “https://www.cultofmac.com/521531/iphone-x-display-beats-rivals-screen-burn-test/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah