Pilih MacBook Air 13 inci atau MacBook 12 inci untuk Tahun 2018?

Selasa, 16 Januari 2018 | 16:21

Pekan ini komputer MacBook Air merayakan ulang tahun ke–10 sejak rilis tahun 2008. Beragam peningkatan dan perbaikan terus diberikan oleh Apple untuk komputer Mac yang satu ini. Namun selain MacBook Air, beberapa tahun ini Apple juga punya produk laptop super tipis lainnya dengan nama MacBook 12 inci. Meskipun keduanya berbeda cukup jauh secara harga, namun target konsumen yang diincar bisa dibilang cukup mirip.

Dalam artikel ini tim MakeMac akan membagikan beberapa perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis komputer Mac ultra tipis tersebut dan membantu kamu mengambil kesimpulan. Yuk simak langsung info lengkapnya!

Pilih MacBook Air 13 inci atau MacBook 12 inci untuk Tahun 2018?

1. Harga dan Warna

Apple menggunakan harga $999 dan $1199 untuk MacBook Air 13 inci edisi terbaru yang ada di Apple.com untuk saat ini (produk keluaran 2015). Sedangkan untuk MacBook 12 inci keluaran tahun 2016, Apple memberikan harga $1299 dan $1599.

Bicara warna, perangkat MacBook Air sejak rilis 10 tahun lalu hingga saat ini masih menggunakan bodi dalam warna silver. Sederhana, minimalis dan bisa dibilang cocok untuk berpadu dengan beragam gadget lain di meja kerja atau dibawa bepergian misalnya. Sedangkan MacBook 12 inci hadir dalam 4 pilihan warna yaitu Space Gray, Gold, Rose Gold dan juga Silver. Tampilan ini bisa dibilang lebih bergaya anak mudah karena banyak warna menarik seperti produk iPhone, desain sangat tipis dan tidak ada lagi logo Apple yang menyala di sisi belakang layar.

2. Spesifikasi Hardware

MacBook Air menggunakan CPU 1.8GHZ dual-core Intel Core i5 yang mendukung teknologi Turbo Boost 2.9GHz. Sedangkan MacBook 12 inci menggunakan CPU 1.2GHz dual-core generasi ketujuh dari Intel Core M3 yang mendukung Turbo Boost up to 3.0GHz.

Keduanya menggunakan spesifikasi RAM 8GB namun ada perbedaan bus speed yaitu 1600MHz LPDDR3 untuk MacBook Air dan 1866MHz LPDDR3 untuk MacBook 12 inci. Persamaan lainnya dari bagian RAM ini adalah posisinya yang tidak bisa dilepas atau diganti – menempel pada logicboard komputer.

Bicara teknologi penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, Apple memberikan pilihan 128GB atau 256GB di MacBook Air (harga $999 dan $1999). Sedangkan untuk MacBook 12 inci menggunakan pilihan 256GB dan 5126GB (harga $1299 dan $1599).

3. Teknologi Layar dan Port Input – Ouput

Pada bagian teknologi layar, MacBook 12 inci jelas unggul karena mengusung teknologi Retina Display. Hal ini membuat MacBook 12 inci memiliki resolusi layar hingga 2304 x 1440 piksel dengan kerapatan 225 ppi. Sedangkan pada MacBook Air 13 inci, layar yang digunakan mendukung resolusi hingga 1440 x 900 piksel saja.

Pertimbangan berikutnya yang harus kamu tahu adalah port input – ouput yang disediakan. MacBook 12 inci hanya memiliki sebuah USB-C Port yang dapat digunakan untuk mengisi baterai, video output dan transfer data menggunakan kabel USB-C atau Thunderbolt 3 untuk Target Disk Mode dan port headphone jack 3.5 mm. Sementara itu di MacBook Air 13 inci, port yang tersedia jauh lebih lengkap yaitu 2 buah USB 3.0, headphone jack 3.5 mm, Thunderbolt 2 dan juga SDXC Card.

Baca Juga:

4. Baterai

Apple tidak menuliskan secara jelas mengenai kapasitas baterai di MacBook Air 13 inci dan juga MacBook 12 inci. Namun jika dilihat pada laman Apple.com, berikut ini kemampuan baterai di kedua komputer tersebut:

Battery and Power MacBook Air 13 inci:

  • Up to 12 hours wireless web
  • Up to 12 hours iTunes movie playback
  • Up to 30 days standby time
Battery and Power MacBook 12 inci:

  • Up to 10 hours wireless web
  • Up to 12 hours iTunes movie playback
  • Up to 30 days of standby time

5. Keyboard dan Trackpad

Bicara keyboard dan trackpad, MacBook 12 inci terlihat jauh lebih unggu dengan 2 teknologi baru yang digunakan. Yaitu Butterfly Keyboard yang lebih lebar dan menjamin penekanan presisi serta Force Touch trackpad yang mendukung force clicks, accelerators, pressure-sensitive drawing dan Multi Touch Gestures.

Perangkat MacBook Air tidak memiliki teknologi keyboard dan trackpad baru yang saya sebutkan di atas. Kamu hanya akan menikmati keyboard biasa yang tentunya mendukung backlit keyboard dan Multi Touch trackpad saja.

Pilih MacBook Air 13 inci atau MacBook 12 inci?

Jika pertimbangan kamu adalah harga yang lebih terjangkau dan juga port input – output lebih lengkap, MacBook Air 13 inci adalah pilihan yang tepat. Namun wajib dicatat, ada beberapa teknologi yang tidak akan kamu temukan di MacBook Air 13 inci yaitu Retina Display, Butterfly Keyboard dan juga port USB-C.

Sedangkan jika kamu memilih MacBook 12 inci, beberapa hal terbaik yang akan kamu dapatkan adalah layar Retina Display, desain ekstra tipis dan ringan serta teknologi keyboard baru dan juga SSD yang lebih besar. Sebagai tambahan catatan, pengguna MacBook 12 inci juga pelu memikirkan pengeluaran tambahan yang mungkin diperlukan yaitu USB-C adapter karena tidak ada lagi port USB-A biasa yang seperti kamu gunakan untuk Flash Drive.

Bagaimana pendapat kamu, pilih MacBook Air 13 inci atau MacBook 12 inci? Apa alasannya? Bagikan di kolom komentar ya!

1 Dekade MacBook Air, Laptop Paling Tipis yang Dikenalkan Steve Jobs

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan