Fitur iCloud Messages Kembali Hadir di iOS 11.3 Beta 1

Kamis, 25 Januari 2018 | 11:17

Apakah kamu sudah pernah menggunakan iOS 11 Beta seri awal, rilis setelah WWDC 2017? Saat itu Apple memberikan fitur iCloud Messages untuk mencadangkan data dan pesan yang ada di iMessage, ke akun iCloud. Namun fitur tersebut hilang atau ditunda rilisnya saat iOS 11 versi pengguna umum dilepas ke pasaran.

Kini di iOS 11.3 Beta 1, Apple kembali memberikan fitur tersebut untuk para penguji yang terdaftar di Apple Developer. Namun menariknya, kehadiran iCloud Messages tidak dijelaskan oleh Apple dalam catatan Preview iOS 11.3 yang dibuat sebelumnya.

Dikutip dari laman MacRumors, pemberitahuan untuk menggunakan iCloud Messages akan tampil saat kamu membuka aplikasi Messages, pertama kali setelah update ke iOS 11.3 Beta 1. Sedangkan pengaturannya ada di bagian Settings – Profile – iCloud.

According to Apple’s release notes, once iOS 11.3 beta 1 is installed, Messages will prompt users to turn on Messages in the Cloud when it is first launched.


Baca Juga:


Sebagai penjelasan tambahan, iCloud Messages akan otomatis aktif jika kamu mengaktifkan Two-Factor Authentication di Apple ID dan juga fitur iCloud Backup.

Dengan kehadiran iCloud Messages, pengguna produk Apple yang memiliki beberapa perangkat iOS dan sangat aktif menggunakan iMessages akan sangat merasa terbantu. Yaitu mendapatkan kemudahan untuk sinkronisasi data di chat iMessage pada multi perangkat dan juga hemat kapasitas penyimpanan internal. Ya, misalkan kamu sering mengiri dokumen video dan gambar lewat iMessage dan membuat storage penuh, tidak perlu lagi menghapus satu-persatu dan kehilangan memori dalam pesan penting.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang sudah menggunakan iOS 11.3 Beta 1 dan menemukan pengaturan iCloud Messages? Bagikan pengalaman kamu mencoba fitur tersebut ya!


Update iOS 11.3 Developer Beta 1 Sudah Dapat Diunduh

[source site_name = “macrumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/01/24/icloud-messages-available-in-ios-11-3/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan