Setapp Tembus 15 Ribu Pelanggan Dalam Setahun Pertama

Kamis, 25 Januari 2018 | 13:46

Setapp, layanan berlangganan katalog aplikasi dari tim pengembang MacPaw resmi merayakan ulang tahun perdananya. Dikutip dari laman TechCrunch, Setapp berhasil mendapatkan 15 ribu pelanggan bulanan di ulang tahun pertama mereka.

Dengan $9.99 setiap bulannya, pengguna Setapp dapat menikmati 105 aplikasi yang ada di dalamnya secara lengkap dan mudah. Tidak ada in-app purchases atau biaya langganan lainnya yang dibuat secara terpisah.

Oleksandr Kosovan, CEO dari MacPaw (tim pengembang CleanMyMac, Gemini, Wallpaper Wizard 2) menjelaskan cara mereka membagikan pendapatan dari pelanggan, terhadap aplikasi yang bekerjasama. Yaitu menggunakan hitungan durasi penggunaan setiap aplikasi dan beberapa rumusan lainnya.

“We split each user’s fee between the app they actively use every month. Some apps are everyday usage, other apps still deliver significant value even if you just spend 10 minutes using them per month.”

Baca Juga:

Kosovan juga menjelaskan bahkan hanya dengan membuka aplikasi tersebut selama beberapa saat, setiap bulannya pengembang aplikasi akan memperoleh kompensasi tambahan.

MacPaw memberlakukan aturan yang ketat untuk daftar aplikasi yang bekerjasama di Setapp. Mulai dari melihat kualitas aplikasi, bukan aplikasi tiruan dari pengembang lain dan tentunya pengembang tetap dapat menjual aplikasinya di laman pribadi, Mac App Store atau membuat tautan afiliasi untuk mendaftar ke Setapp dari halaman mereka.

Setapp juga berjanji akan merilis layanan berlangganan yang lebih lengkap. Yaitu dengan sistem Family Account dan layana Business. Target mereka berikutnya adalah menghimpun aplikasi yang ada di layanan Setapp hingga berjumlah 300 aplikasi, dengan rata-rata penggunaan 10 aplikasi oleh setiap pengguna.

Data lain juga menyebutkan bahwa Setaap telah dicoba lebih dari 200.000 pengguna sepanjang tahun dan kini memiliki pelanggan di angka 15.000 orang. Ini artinya mereka memiliki pendapatan hampir $1,5 juta sebelum dibagikan kepada para pengembang dan beragam ketentuan lainnya. Hingga saat ini, Setapp menjadi satu-satunya layanan berlangganan aplikasi yang bergerak secara indipenden alias diluar aturan dari Mac App Store.

Saya dan tim MakeMac juga menggunakan Setapp sejak pertama rilis, bahkan masuk dalam daftar pengguna Beta. Beberapa nama aplikasi yang sering saya gunakan adalah Folx, CleanMyMac, Disk Drill, Ulysses, Noteplan dan masih banyak lainnya. Harga berlangganan yang cukup terjangkau, penjelasan lengkap setiap aplikasi dan cara unduh yang mudah adalah beberapa hal paling menarik di Setapp. Tertarik untuk mencoba? Silakan daftar dari tautan berikut ini ya!

Daftar Setapp for Mac

Editor : Bagus Hernawan