10 Pertanyaan Pengguna Pemula untuk HomePod

Senin, 29 Januari 2018 | 13:38

Perangkat HomePod sudah bisa dipesan oleh pengguna di Amerika Serikat, Inggris dan Australia sejak 26 Januari 2018 dan resmi dijual ke pasaran 2 Febuari 2018. Masih penasaran dengan banyak hal menarik untuk HomePod?

Tim MakeMac mencoba merangkum beberapa pertanyaan dari para Apple Fanboy seputar HomePod. Mulai dari pertanyaan sederhana hingga sesuai yang lebih teknikal. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut ini beberapa pertanyaan oleh pengguna pemula seputar HomePod.

1. Apa Itu HomePod?

HomePod adalah smart speaker buatan Apple yang pertama kali dikenalkan pada WWDC 2017. Definisi dari kata smart adalah punya beragam kecerdasan menarik yang berasal dari CPU Apple A8, integrasi Siri dan mode mengenali posisi pengguna untuk memberikan ouput suara terbaik.

2. Harga, Ketersediaan dan Warna

HomePod dijual dengan harga $349 di 3 negara saja untuk rilis awalnya. Yaitu Amerika Serikat, Inggris dan juga Australia. Speaker ini punya bentuk tabung bulat dengan tinggi sekitar 7 inci, sedikit lebih pendek dibandingkan Mac Pro tahun 2013 yang kamu kenal.

Ada 2 pilihan warna untuk HomePod yaitu Silver dan juga Space Gray. Di sisi atas terdapat LED dengan sensor sentuhan dan gestur untuk kendali musik dan juga sensor sinkronisasi perangkat iOS. Tampilan mode sinkronisasi dibuat sama dengan ketika kamu menggunakan AirPods.

3. Cara Terhubung ke HomePod?

Cara terhubung ke HomePod dibagi menjadi 2. Pertama untuk perangkat iOS dengan sistem operasi terbaru, tinggal dekatkan ke sisi atas HomePod. Setelah itu ada mode sinkronisasi yang akan tampil dan lakukan beberapa pengaturan dasar. Seperti ijinkan HomePod untuk mengakses data pengguna dari akun iCloud seperti Messages, Calendar dan beberapa hal lain.

Ketika pengaturan tersebut diaktifkan, kamu bisa menggunakan HomePod untuk menjawab pesan, membuat catatan, meminta informasi seputar email ketika perangkat iOS dengan akun iCloud yang sama, terhubung dalam 1 jaringan. Namun jika tidak, Siri di HomePod tidak bisa digunakan untuk mengakses data pribadi pengguna.

Cara kedua untuk terhubung dengan HomePod adalah lewat perangkat Mac. Sedikit berbeda dengan perangkat iOS, menggunakan HomePod di Mac hanya bisa menggunakan fitur AirPlay. Kamu bisa mengirim data musik yang ingin didengarkan ke HomePod lewat AirPlay. Data ini bisa berupa musik yang ada di Apple Music (berlangganan), musik yang kamu beli di iTunes Store atau diunduh dari tempat lain.

4. Fitur yang Belum Siap Digunakan?

Dibalik beragam hal terbaiknya, HomePod masih menyimpan beberapa fitur yang belum siap digunakan untuk saat ini. Yaitu teknologi yang berhubungan dengan protokol AirPlay2 – Multi-Room Audio untuk menghubungkan beberapa HomePod dengan sebuah perangkat iOS serta fitur Stereo Pairing untuk menggunakan sepasang HomePod sebagai stereo speaker.

5. Keamanan di HomePod?

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, HomePod belum dapat mendeteksi suara pengguna yang berbeda-beda. Misalkan teman kamu sedang berkunjung ke rumah dan mencoba HomePod, perintah suara untuk memutar Apple Music atau mencari musik yang dia suka dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini tentu saja bisa mengacaukan preferensi musik yang biasa kamu putar dan membuat HomePod menyusun algoritma rekomendasi musik baru. Namun tenang, mode tersebut kabarnya bisa dimatikan dan membuat data yang disimpan HomePod tetap personal.

Keamanan kedua adalah HomePod tidak akan membacakan atau memberikan informasi data pribadi pengguna, saat iPhone dengan iCloud yang sama sedang tidak ada di jaringan Wi-Fi tersebut. Namun informasi untuk bagian ini masih belum saya dapatkan secara lengkap, akan ditambahkan oleh tim MakeMac di waktu mendatang.

6. Kelebihan HomePod Dibandingkan Smart Speaker Lain?

Sejumlah pengamat yang mendapatkan kesempatan khusus dari Apple untuk mencoba HomePod, menilai bahwa smart speaker ini punya banyak fitur menarik dan tidak ada di pesaingnya.

Mulai dari hardware yang kompak dan lengkap (Woofer, 6 Mikrofon, 7 Tweeter), Siri yang bisa mendengarkan pengguna saat musik sedang diputar kencang, pengaturan mudah dan mode deteksi akustik ruangan serta pengguna. Kualitas audio juga menjadi catatan yang bisa membuat HomePod jauh lebih baik dibandingkan perangkat pesaingnya.


Baca Juga:


7. HomePod + Apple Music?

Pengguna perangkat iOS yang sudah berlangganan Apple Music dan menggunakan HomePod, bisa dibilang dapat menikmati fitur HomePod secara lengkap. Yaitu meminta Siri melakukan pencarian lagu, playlist yang biasa kamu buat atau mengidentifikasi lagu yang sedang diputar. Semua kehebatan ini hanya dapat digunakan saat kamu sudah berlangganan Apple Music di akun Apple ID yang terhubung ke HomePod.

8. Tanpa Apple Music? Gak Masalah..

Jika tidak berlangganan Apple Music, kamu tetap dapat menikmati HomePod hanya saja harus sedikt terbatas. Yaitu tidak bisa meminta Siri untuk mencarikan musik, mengidentifikasi musik atau hal otomatis lainnya.

Musik yang dapat kamu putar hanya terbatas dari dokumen yang ada di library iTunes, Podcast, Audio Books serta Beats1 Radio. Cara mendengarkan musik yang digunakan juga berbasis koneksi ke AirPlay lewat perangkat iOS, komputer Mac atau perangkat lain dengan teknologi AirPlay2.

9. Fitur Siri dan HomeKit

Sama dengan yang ada di Apple TV, perangakt iOS atau komputer Mac serta Apple Watch, Siri di HomePod bisa kamu gunakan bersama perangkat HomeKit. Misalkan kamu memiliki perangkat Home berupa lampu dengan pengaturan yang mendukung, silakan gunakan HomePod untuk mengatur nyala lampu atau warna yang akan digunakan. Semuanya serba mudah dan cepat, cukup dengan perintah suara saja.

10. Apakah HomePod Mendukung Bluetooth?

Dalam laman catatan spesifikasi HomePod dari Apple, HomePod memang dibekali dengan koneksi Bluetooth 5.0. Namun belum ada penjelasan lebih lanjut mengenali kegunaan dari modul Bluetooth tersebut

Apakah bisa digunakan untuk terhubung ke perangkat iOS dan menggunakan mode memutar musik sebagai Bluetooth Speaker? Atau mungkin Bluetooth 5.0 yang digunakan hanya cara sync awal saja saat kamu menghubungkan HomePod untuk pertama kali ke iPhone.


Kualitas Audio HomePod Melibas Smart Speaker Lain

[source site_name = “imore” site_url = “https://www.imore.com/how-homepod-works-apple-music-itunes-match-icloud-music-library-airplay-and-flac-files”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan