Ini Kendala yang Dialami Apple untuk Merilis iPhone Dual Sim Card

Selasa, 27 Februari 2018 | 19:16

Rumor mengenai 3 varian iPhone baru untuk tahun 2018 yang tim MakeMac bagikan hari ini, membuat banyak Apple Fanboy penasaran. Salah satunya adalah catatan yang menyebutkan bahwa Apple akan menggunakan teknologi dual sim card di perangkat iPhone dengan ukuran 6.5 inci.

Apa saja informasi yang harus kamu tahu mengenai hal tersebut? Berikut ini penjelasan lengkap yang dapat kamu simak.

Keputusan Belum Final

Mark Gurman dari Bloomberg menjelaskan bahwa keputusan tersebut belum final. Masih ada kemungkinan Apple akan tetap menggunakan teknologi single sim card seperti yang 10 tahun ini kamu kenal di perangkat iPhone.

Saat ini 3 varian iPhone yang akan dijual pada tahun 2018 juga masih mendapatkan serangkaian pengujian. Proses produksinya juga masih berupa tes produksi di kalangan supplier Apple saja.

Apple Tidak Ingin Menggunakan Mode Dual Sim Card “Biasa”

Ya, Apple tidak ingin menggunakan teknologi dual sim card “biasa”, seperti yang kamu temukan di ponsel murah atau produk tetangga. Apple ingin menggunakan teknologi E-SIM yaitu sim card elektronik (kemungkinan hanya sebagai sim card kedua, sim card pertama masih tetap fisik).

Namun untuk saat ini daftar negara yang mendukung E-SIM masih sangat sedikit dan hanya mendukung perangkat iPad serta Apple Watch. Pihak operator kabarnya masih enggan untuk membawa teknologi ini ke perangkat posel utama.


Baca Juga:

Hanya Cocok di Pasaran Asia dan Eropa

Siapa sih pengguna yang cocok dengan teknologi dual sim card? Jawabannya bukan pengguna di Amerika Serikat, karena kebanyakan Apple Fanboy atau pengguna ponsel pada umumnya di negara tersebtu sudah menggunakan sistem kontrak ponsel dan juga bayar langganan bulanan.

Pasaran yang sangat cocok untuk teknologi dual sim card adalah pengguna di Asia dan Eropa. Terutama kaum pebisnins yang banyak melakukan kegiatan keluar negeri namun tidak ingin repot ganti nomor dan melakukan banyak pengaturan. Kembali lagi ke teknologi E-SIM, jumlah negara di Asia dan Eropa yang sudah mengadopsi teknologi ini juga masih sangat terbatas.

Pendapat Kamu untuk iPhone Dual Sim Card?

Setelah 10 tahun bertahan dengan banyak pakem desain untuk iPhone, bisa saja Apple akan melakukan banyak perubahan besar di perangkat iPhone – salah satunya adalah teknologi dual sim card. Namun saya pribadi merasa fitur ini tidak perlu hadir di iPhone karena akan merepotkan pengguna. Mengingat perangkat Apple selama ini terkenal dengan desain yang simpel, elegan dan mudah digunakan oleh semua kalangan.

Bagaimana pendapat kamu, apakah menanti iPhone dual sim card atau cukup seperti sekarang? Bagikan di kolom komentar atua Mention ke @MakeMac ya!


Bocoran Spesifikasi 3 Varian iPhone Baru di Tahun 2018


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan