(Video) Drop Test iPhone X dan Samsung Galaxy S9, Mana yang Lebih Kuat?

Selasa, 20 Maret 2018 | 16:50

Perangkat iPhone X dan Samsung Galaxy S9 masih menjadi flagship atau seri tertinggi dari setiap merek tersebut. Beberapa berita sebelumnya sudah membandingkan kamera, performa dan beberapa hal lainnya. Kali ini tim MakeMac menemukan sebuah catatan baru untuk hasil Drop Test alias pengujian jatuh untuk iPhone X dan Samsung Galaxy S9.

Dikutip dari laman MacRumors, beberapa YouTubers sudah melakukan Drop Test untuk kedua perangkat tersebut. Beberapa diantaranya adalah SquareTrade dan PhoneBuff. Hasilnya adalah Samsung Galaxy S9 bertahan lebih baik atau tidak rusak separah iPhone X. Berikut ini videonya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Dapat kamu lihat pada video di atas, SquareTrade menggunakan jarak 6 kaki atau sekitar 1.8 meter untuk menjatuhkan perangkat Samsung Galaxy S9 dan S9+. Pengujian lain yang dilakukan adalah Bent Test atau membengkokkan perangkat, Tumble Test atau memutar perangkat di sebuah alat khusus selama 60 detik yang dapat kamu lihat pada video di atas.

Kesimpulan yang diberikan adalah Samsung Galaxy S9 lebih tahan jatuh daripada perangkat pendahulunya, Samsung Galaxy S8 dan juga iPhone X. Namun meskipun begitu, ponsel tersebut tetap mengalami kerusakan atau retak yang cukup parah ketika pertama kali jatuh dari ketinggian 1.8 meter.

Skor yang diberikan oleh SquareTrade untuk uji tersebut adalah 71 untuk Samsung Galaxy S9 dan 76 untuk Samsung Galaxy S9+. Sedangkan perangkat iPhone X yang diuji pada tahun lalu, mendapatkan angka 90 yang artinya lebih murah pecah dan rusak saat dilakukan Drop Test.

Baca Juga:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

PhoneBuff juga melakukan Drop Test dengan beberapa alat yang terukur dan cara khusus. Hasilnya juga sama, perangkat Samsung Galaxy S9+ menjadi yang paling tahan jatuh dibandingkan Samsung Galaxy S9 dan juga iPhone X.

Namun semua ponsel tersebut tidak dapat bertahan dari hasil uji jatuh di sebuah lantai beton. Hasilnya adalah kerusakan parah baik di bagian depan alias layar yang tampil secara penuh dan juga bodi belakang yang juga terbuat dari kaca.

(Video) Rupa iPhone 8 Usai Lewati Uji Gores dan Bengkok

[source site_name = “MacRumors” site_url = “https://www.macrumors.com/2018/03/19/galaxy-s9-drop-test-results-iphone-x/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan