5 Cara Kirim Dokumen PDF dari Komputer Mac ke iPhone

Sabtu, 24 Maret 2018 | 22:56

Sebagai seorang pelajar atau pekerjan kantoran, menggunakan dokumen PDF untuk beragam kegiatan adalah hal biasa. Seperti membuat makalah di komputer Mac lalu ingin dibaca ulang saat menggunakan iPhone di jalan. Bagaimana sih cara untuk mengirim dokumen PDF dari komputer Mac ke perangkat iPhone? Tim MakeMac punya 5 alternatif cara yang dapat kamu lakukan, simak dalam penjelasan berikut ini ya:

Cara Kirim Dokumen PDF dari Komputer Mac ke iPhone

1. AirDrop

Sutah tahu belum kalau fitur AirDrop di komputer Mac dan perangkat iOS dapat digunakan untuk mengirim dokumen PDF loh! Pertama-tama pastikan bahwa komputer Mac yang kamu gunakan mendukung fitur AirDrop dari Mac ke perangkat iOS.

Setelah itu sambungkan keduanya dalam 1 jaringan nirkabel dan ada dalam jarak dekat. Pastikan juga fitur AirDrop sudah diaktifan dan kirim dokumen lewat Finder di tab AirDrop. Di perangkat iPhone sebagai penerima dokumen, pilih aplikasi yang akan kamu gunakan untuk menyimpan dan buka dokumen PDF ya. Mulai dari iBooks, Evernote atau mungkin aplikasi lain yang biasa kamu gunakan.

2. Dropbox, iCloud atau Cloud Service Lain

Cara yang lebih sederhana adalah menyimpan dokumen PDF yang kamu kerjakan di komputer ke akun cloud service. Bisa Dropbox, iCloud, Google Drive atau lainnya. Setelah itu instal aplikasi dari layanan cloud service tersebut ke perangkat iOS dan akses dokumen PDF tadi.

Beberapa layanan cloud service yang ada saat ini sudah mendukung mode offline mode atau akses dokumen yang sudah kamu unduh, tanpa koneksi internet. Tentunya cara ini akan sangat memudahkan kamu yang memerlukan akses dokumen PDF tanpa ribet kirim dari perangkat Mac ke iPhone.

3. iTunes File Sharing

Masih menggunakan mode cadangkan data dari perangkat iPhone ke iTunes di komputer Mac? Jika iya, silakan gunakan mode iTunes File Sharing yaitu akses menambah dokumen dari setiap aplikasi yang mendukung fitur ini lewat iTunes.

Silakan instal aplikasi yang berfungsi sebagai PDF viewer atau File Manager dan mendukung iTunes File Sharing. Setelah itu ikuti panduan untum menggunakan iTunes File Sharing dari Apple Support ya! Salah satu kelemahan dari metode ini adalah harus menghubungkan perangkat iOS ke komputer Mac setiap ingin menambahkan dokumen baru. Jadi terasa lebih merepotkan dibandingkan cara kedua.


Baca Juga:


4. Web Transfer via Aplikasi yang Mendukung

Mungkin bisa dibilang cara ini mirip dengan fitur AirDrop, kirim dokumen dalam jaringan lokal secara nirkabel. Bedanya mode Web Transfer memerlukan peramban di komputer Mac untuk memasukkan IP Address dari perangkat iPhone yang digunakan.

Kamu juga harus menginstal aplikasi yang mendukung mode Web Transfer dan bisa membuka dokumen PDF. Aplikasi yang saya coba untuk membut turorial ini adalah Documents by Readdle. Silakan unduh gratis dari tautan di bawah ini ya!

“custombox2”

5. Cara “Ajaib” dengan WALTR2

WALTR2 dari tim pengembang Softorino adalah aplikasi yang paling saya andalkan untuk mengirim dokumen musik, video dan PDF dari perangkat Mac ke iPhone. Saya menyebut WALTR 2 sebagai aplikasi yang ajaib karena beragam kemudahan yang diberikan dan tidak saya temukan di aplikasi lain.

Cukup hubungkan perangkat iOS ke komputer Mac dengan kabel data, buka WALTR 2, setelah itu drag and drop dokumen yang kamu perlukan ke WALTR2. Setelah proses transfer selesai, kamu bisa melihat dokumen musik di aplikasi Music, film atau video di aplikasi Videos dan dokumen PDF di aplikasi iBooks. Semuanya berjalan tanpa proses sync dengan iTunes dan hal ribet lainnya! Info lengkap untuk WALTR 2 dapat kamu baca di bagian akhir artikel ini ya.

Pilih Cara yang Mana?

Dari penjelasan di atas, cara mana yang akan kamu coba untuk mengirim dokumen PDF dari komputer Mac ke perangkat iPhone? Atau mungkin punya cara lain? Bagikan di kolom komentar ya!


WALTR 2: Kirim Video, Music dan PDF dari Mac ke Perangkat iOS via Wi-Fi


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan