Apple Rilis Program Perbaikan Keyboard untuk MacBook dan MacBook Pro

Selasa, 26 Juni 2018 | 06:52

Apple resmi merilis Keyboard Repair Program untuk perangkat MacBook 12 inci dan MacBook Pro 13 inci dan MacBook Pro 15 inci generasi terbaru. Dalam catatan di laman Apple Support, program ini berlaku untuk masalah keyboard di komputer Mac tersebut seperti tampilan berulang untuk karakter yang diketik, tidak tampil atau tombol tidak responsif.

Apple has determined that a small percentage of the keyboards in certain MacBook and MacBook Pro models may exhibit one or more of the following behaviors:

  • Letters or characters repeat unexpectedly
  • Letters or characters do not appear
  • Key(s) feel “sticky” or do not respond in a consistent manner
Pihak Apple atau Apple Authorized Service Provider akan memberikan perbaikan secara gratis untuk MacBook dan MacBook Pro yang diketahui mengalami masalah tersebut. Jenis perbaikan yang diberikan akan ditentukan setelah keyboard diperiksa, bisa berupa perbaikan bagian keyboard yang bermasalah saja atau keseluruhan.


Baca Juga:


Daftar Komputer Mac yang Mendukung Keyboard Service Program

Berikut ini daftar komputer Mac yang mendukung Keyboard Service Program. Kamu bisa melihat info dari komputer Mac yang kamu gunakan dari bagian logo Apple di kiri atas Menu Bar > About This Mac.

  • MacBook (Retina, 12-­inch, Early 2015)
  • MacBook (Retina, 12­-inch, Early 2016)
  • MacBook (Retina, 12-­inch, 2017)
  • MacBook Pro (13­-inch, 2016, Two Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2017, Two Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2016, Four Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (13-­inch, 2017, Four Thunderbolt 3 Ports)
  • MacBook Pro (15-­inch, 2016)
  • MacBook Pro (15-­inch, 2017)
Jika komputer Mac yang kamu gunakan ada dalam daftar tersebut dan mengalami kerusakan keyboard, ada beberapa cara untuk mendapatkan layanan perbaikan ini. Mulai dari membawanya ke Apple Authorized Service Provider, membuat janji untuk melakukan perbaikan di Apple Retail Store atau kirim komputer Mac yang bermasalah ke Apple Repair Center di negara yang mendukung. Apple juga mengingatkan pengguna untuk mencadangkan data alias backup sebelum kamu melakukan klaim masalah keyboard.

Sebagai catatan tambahan, jika ada kerusakan atau masalah lain di MacBook atau MacBook Pro yang akan mengikuti Keyboard Service Program, pengguna bisa saja diminta untuk melakukan perbaikan masalah tersebut terlebih dahulu. Dalam beberapa kasus, perbaikan tersebut bisa saja mengeluarkan biaya yang harus ditanggung oleh pengguna.

Apple juga menjelaskan bahwa program ini berlaku secara global dan tidak memperpanjang garansi dari komputer MacBook dan MacBook Pro. Jika sebelumnya kamu sudah pernah melakukan perbaikan masalah serupa di Apple dan diminta membayar, silakan hubungi Apple Support untuk proses refund.

Program ini berlaku sepanjang 4 tahun semenjak komputer MacBook dan MacBook Pro yang kamu gunakan pertama kali dijual. Gampangnya sih jika kamu menggunakan MacBook (Retina, 12-­inch, 2017), program perbaikan ini akan berlaku hingga 2021.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang mengalami masalah dengan keyboard di MacBook dan MacBook Pro dan berencana untuk melakukan klaim? Bagikan di kolom komentar ya!


Apple Rilis Program Ganti Baterai untuk MacBook Pro non Touch Bar

[source site_name = “Apple” site_url = “https://www.apple.com/support/keyboard-service-program-for-macbook-and-macbook-pro/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan