Pengembang Monument Valley Membuktikan Bahwa Game Premium Bisa Tetap Sukses Di Pasaran

Senin, 02 Juli 2018 | 10:23

Sulit dipercaya bahwa Monument Valley 2 telah berumur satu tahun di iOS. Diantara banyak sekali game freemium bertebaran disana-sini, tentunya karena masalah profit yang menggiurkan dan konstan jika diatur dengan baik, ustwo studio ingin memperlihatkan bukti bahwa premium game belum mati.

Lewat tulisan milik pengembang di Medium semalam, ustwo memperlihatkan kepada kita secara detail mengenai pencapaian Monument Valley 2 jika dibandingkan dengan game pendahulunya. Kita tahu bahwa pada saat diperkenalkan di acara WWDC tahun 2017, Monument Valley disambut riuh oleh para tamu acara.

Meskipun kita telah tahu sebelumnya bahwa Monument Valley pasti telah berhasil mencetak angka yang serius, namun sampai saat ini kita belum mengetahui secara pasti angka tersebut. Dalam jangka waktu satu tahun ini saja, game Monument Valley berhasil meraih angka penjualan lebih dari 3 juta dolar, menghasilkan lebih dari 10 juta dolar, dan terpasang di lebih dari 30 juta perangkat. Dalam satu hari, pendapatan terbanyak Monument Valley mencapai angka 728 ribu dolar. Jujur saja, angka tersebut benar-benar luar biasa, dua kali lipat dari hasil yang diraih oleh seri pertama Monument Valley.

Baca Juga:


Angka diatas adalah angka hasil dari perjuangan sang pengembang. Namun bagaimana dengan angka pembuatannya sendiri? Faktanya, angka tersebut tidak kalah menakjubkan. Biaya pembuatan Monument Valley 2 mencapai 2 juta dolar dalam rentang 70 minggu pengembangannya. Game tersebut dikerjakan oleh 16 tim inti dengan biaya pemasaran sebesar 500 ribu dolar.

Ustwo sebagai pengembang juga mengatakan,

“Monument Valley is a bit of a unicorn in this space with regards to how well it’s performed over the years (succeeding on a level we could never have expected or predicted) but we hope this latest set of data might help others to set a yard stick for something towards the top end of profitability.”

Berbekal nasihat itu, diharapkan para pengembang kecil yang ingin membuat coretan baru di pasar game ponsel tidak berkecil hati. Monument Valley adalah bukti bahwa premium game juga bisa berkembang jika dikerjakan dengan baik dan penuh hati.

Download Monument Valley 2 · Harga: 75000

Download Monument Valley · Harga: 59000


10 Game Sepakbola Yang Wajib Kamu Mainkan Di iOS

[source site_name = “Medium” site_url = “https://medium.com/@ustwogames/a-year-of-monument-valley-2-36754517a386”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya