Pendiri Siri yang Terakhir Resmi Keluar dari Apple

Jumat, 20 Juli 2018 | 16:00

Tahukah kamu bahwa Siri, personal assistant yang ada di perangkat iOS, macOS, watchOS dan tvOS awalnya adalah sebuah aplikasi? Ya, Siri awalnya diciptakan oleh trio pengembang bernama Dag Kittlaus, Adam Cheyer dan Tom Gruber yang akhirnya dibeli oleh Apple. Ketiganya resmi diangkat menjadi tim pengembangan Siri, namun Dag dan Adam sudah meninggalkan Apple sejak tahun 2011 dan 2012.

Berita terbaru menyebutkan bahwa Tom Gruber, salah satu pendiri Siri yang masih tersisa di Apple, akhirnya juga ikut mengundurkan diri. Dihimpun dari laman The Information, berita ini sudah dikonfirmasi oleh pihak Apple. Tom Gruber ingin fokus pada kegiatan lainnya seperti fotografi dan konservasi lautan.

Mr. Gruber is retiring and will be pursuing personal interests in photography and ocean conservation

Baca Juga:

Jika ditarik pada berita sebelumnya, Apple saat ini sudah memiliki salah satu orang terbaik dalam hal teknologi Machine Learning and AI. Yaitu John Giannandrea yang sebelumnya telah bekerja di Google selama 8 tahun dalam divisi artificial intelligence unit. Mungkin John adalah orang yang tepat untuk menggantikan Tom sebagai petinggi dalam pengembangan Siri.

Apple memberikan tanggung jawab pengembangan Siri ke Craig Federighi selaku SVP oh Software Engineering. Sebelumnya semua hal seputar Siri dipegang oleh Eddy Cue hingga tahun 2017. Pastinya kamu juga sudah tahu bahwa Siri punya banyak fitur baru yang sangat menarik untuk segera dicoba di iOS 12.

Salah satunya adalah Siri Shortcut yang dapat digunakan secara terintegrasi ke beberapa aplikasi pihak ketiga secara bersamaan dengan sebuah perintah saja. Apakah kamu sering menggunakan Siri? Perintah apa saja yang biasa kamu berikan? Bagikan di kolom komentar ya!

6 Alasan Berlangganan Apple Music daripada Spotify


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan