Baterai iPad ‘Meledak’, Semua Pengunjung & Pegawai Apple Amsterdam Dievakuasi

Selasa, 21 Agustus 2018 | 13:57

Kemarin, semua pengunjung yang berada di Apple Store Leidseplein, Belanda dievakuasi oleh petugas terkait laporan adanya masalah baterai iPad yang meledak.

Pada jam 2 waktu setempat di hari Minggu siang tersebut, petugas pemadam kebakaran di Amsterdam menemukan tiga orang dengan masalah pernafasan yang diakibatkan dari ledakan tersebut. Namun mereka tidak menemukan adanya asap pada lokasi tersebut. Juru bicara pemadam kebakaran kemudian memberikan pernyataan bahwa, “kemungkinan yang terjadi adalah baterai iPad yang bocor”.

Para pegawai yang saat itu bertugas di tempat kemudian meletakkan iPad yang diduga menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut ke dalam kotak berisi pasir, dan toko tersebut akhirnya ditutup sebagai pencegahan akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan ketiga orang yang mengalami sesak nafas karena kejadian tersebut telah dibawa ke rumah sakit oleh para petugas medis dengan mobil ambulan.

Baca Juga:


Terkait masalah pernafasan yang diderita oleh ketiga pengunjung tersebut, petugas medis memberi penjelasan bahwa kemungkinan mereka menghirup udara yang telah terkontaminasi oleh asap dari baterai tersebut. Hal ini diperkuat dengan adanya aksi dari pemadam kebakaran yang saat itu sedang sibuk membersihkan udara di dalam toko untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Untungnya saja, tidak ada masalah lain yang terjadi akibat dari kejadian tersebut. Satu jam kemudian, para pegawai beserta para pelanggan sudah boleh memasuki toko Apple kembali dan melanjutkan kegiatannya masing-masing.

Belum ada penjelasan mengenai apakah baterai yang digunakan pada iPad tersebut merupakan baterai asli ataupun tidak. Sebenarnya, bukan pertama kalinya kejadian tidak mengenakkan ini terjadi. Pada beberapa waktu lalu, kejadian yang sama juga terjadi di Apple Store Zurich.

Walaupun kejadian seperti ini jarang sekali terjadi, baterai lithium-ion memang mempunyai resiko untuk menjadi panas, menggembung, dan terbuka sendiri jika kedua hal diawal terjadi. Jadi dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengapa kejadian ini bisa terjadi.


5 Tips Memilih Komputer Mac untuk Mahasiswa


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya