Review Wonder Blade, Aksi Brutal Penyelamatan Putri Raja

Selasa, 04 September 2018 | 12:00

Biasanya, sebelum game dirilis, pengembang memberikan sedikit cuplikan mengenai apa yang ada di dalam game tersebut. Cuplikan berupa gambar, video, sampai terkadang gameplay sendiri sengaja dibocorkan untuk membangun hype diantara para gamer.

Game yang satu ini muncul tanpa permisi di App Store, dan berhasil mencuri perhatian saya selama seminggu kemarin. Siapa sangka, game yang bahkan tidak pernah kelihatan cuplikannya dalam bentuk apapun ini justru sukses menghabiskan separuh waktu akhir minggu saya kemarin.

Aksi Brutal Sang Ksatria

Pada saat menunggu giliran untuk meminang sang putri dari suatu kerajaan, kamu dan ksatria lainnya diserang oleh pangeran jahat dan monsternya yang datang secara tiba-tiba. Putri pun diculik oleh sang monster dan sebagai ksatria yang baik, kamu harus mengejarnya.

Pemain bermain menjadi seorang ksatria yang sedang berusaha menyelamatkan tuan putri dari sang penculik. Berbekal pedang, pemain harus berusaha untuk melewati segerombolan penjahat yang datang tanpa henti dari berbagai sisi. Ada beberapa mode permainan yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan cerita, yang membuatmu tidak merasa cepat bosan dengan hadirnya musuh yang tak henti-henti. Variasi kombat di tiap levelnya yang berbeda menjaga permainan tetap terasa segar dan baru.

Gunakan Segala Senjata, Pakai Segala Cara

Seiring dengan berkembangnya permainan, pemain akan menemukan banyak senjata yang dijatuhkan oleh musuh. Pemain kemudian bisa menggunakan senjata tersebut untuk melanjutkan peperangan. Berbagai macam pedang, kapak, dan senjata lain dengan atributnya masing-masing bisa dipakai untuk menghantam semua musuh yang menghadang.

Senjata saja jelas tidak cukup. Karaktermu juga akan dibekali dengan kekuatan magis. Ada banyak sekali jenis kekuatan magis yang bisa kamu pilih dan tingkatkan, sehingga memungkinkan kamu untuk bereksperimen dengan kekuatan tersebut. Kekuatan magis ini bisa kamu sesuaikan dengan gaya permainanmu sendiri.

Kalahkan Berbagai Macam Bos

Jika kamu dibekali dengan berbagai macam senjata berbeda, musuh dan bos di Wonder Blade juga merupakan sederetan penjahat yang berbeda-beda pula. Mulai dari bos yang mudah sampai yang membuatmu gigit jari, semua ada untuk menghalangi jalanmu untuk menyelamatkan sang putri. Bos yang menggunakan kereta, bos gurita yang bisa menyerang dari berbagai arah, dan banyak lagi lainnya. Kamu harus menggunakan lebih dari sekadar senjata dan kelincahan untuk mengalahkan mereka. Taktik dan strategi jelas diperlukan disini, lebih dari sekadar aksi saja.

Jangan salah sangka, game yang kasual ini terkadang bisa menjadi sangat menegangkan ketika kamu bertemu dengan bos tersebut. Game menjadi cukup menantang jika tidak bisa disebut sulit, yang tentunya diharapkan dari sebuah game aksi. Sayangnya, bagi kamu yang memang hanya ingin menikmati ceritanya saja, tidak ada opsi untuk merubah level kesulitan.

Baca Juga:

Kesimpulan

Wonder Blade adalah sebuah game aksi yang menakjubkan. Pemain dibawa kepada sebuah cerita klise dimana mereka berada dalam situasi yang kurang mengenakkan. Ceritanya berkembang dan begitu juga permainan di dalamnya. Pemain diberikan berbagai macam musuh untuk dilawan, yang masing-masing memiliki gaya perlawanannya sendiri, membuat pemain harus terbuka untuk mencoba kemampuan baru. Bos setiap levelnya juga memiliki kemampuan berbeda, mengharuskan pemain untuk menggunakan variasi serangan untuk keluar dari pertarungan mendesak tersebut.

Pilihan senjata juga tidak diragukan lagi. Kamu sebagai pemain diberikan berbagai macam senjata yang bisa ditemukan di dalam setiap levelnya. Opsi ini memberikan pemain kebebasan untuk mencoba hal baru. Walaupun sedikit, elemen RPG pun ada di Wonder Blade. Pemain bisa membangun hero sesuai dengan gaya permainannya. Suka hero dengan kekuatan yang besar? Hero yang cepat? Semua bisa dilakukan di Wonder Blade.

Gaya permainannya yang kasual memberikan ruang bagi para pemain baru untuk belajar. Sedangkan bos yang sulit akan menantang pemain hardcore untuk bertarung mati-matian. Satu hal yang pasti, kamu bisa kembali mencoba ketika gagal menyelesaikan satu level. Tidak ada hukuman untuk gagal dalam melewati suatu level tertentu.

Game yang bagus ini pun tidak luput dari kekurangan. Saya suka memainkan game di iPhone saat bepergian, namun saat di rumah, saya lebih suka bermain menggunakan iPad. Sayangnya hal itu tidak bisa saya lakukan karena absennya dukungan save iCloud pada Wonder Blade.

Hal kedua yang menjadi kekurangan menurut saya adalah tidak ada opsi untuk melewatkan cerita. Walaupun saya adalah gamer yang suka mengikuti jalan cerita, saya tidak suka mendapatkan cutscene yang sama berulang-ulang. Hal ini terjadi pada saat saya gagal melewati satu level yang diawali dengan cutscene karena tidak adanya opsi untuk melewatkan cutscene tersebut.

Diluar dua fitur diatas, secara keseluruhan, Wonder Blade adalah game aksi kasual yang fantastis. Walaupun tidak mengenalkan apapun yang baru dari segi tema maupun gameplay, namun jalan cerita dan gameplay di tiap level Wonder Blade tetap asik untuk dimainkan karena banyaknya variasi di dalamnya. Itulah yang menurut saya menjadi kekuatan dari Wonder Blade sendiri.

Saya benar-benar merekomendasikan kepada kamu game aksi yang satu ini, terutama jika kamu merupakan gamer yang suka dengan game aksi petualangan dengan hero yang bisa dibuat semau kita. Buktinya, sampai tulisan ini dibuat pun, saya masih mencuri waktu untuk memainkannya.

Download Wonder Blade

8 Game di iOS Tentang Menjadi Ksatria


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya