Review Valleys Between, Teka-Teki Kalem Menghanyutkan

Kamis, 06 September 2018 | 16:00

Dua tahun belakangan ini, kita selalu kedatangan sejumlah game cantik di App Store. Mulai dari Monument Valley 2, Roofbot: Puzzler On The Roof, dan Evergarden yang baru saja dirilis bulan kemarin. Kini di awal bulan yang baru, satu lagi game teka-teki yang tidak kalah cantiknya dengan ketiga game tadi datang untuk menemani. Game itu bernama Valleys Between.

Soal kecantikan boleh sama, namun desain dan gameplay permainan pun tetap berbeda. Jadi meskipun game teka-teki itu terus datang, kita tidak bosan untuk memainkannya. Valleys Between adalah sebuah game endless runner aneh dan unik yang diisi dengan berbagai trik baru di dalamnya.

Bantu Pertumbuhan Hutan

Pemain akan ditempatkan di sebuah dunia aneh yang terisi dengan lahan kosong. Tugasmu adalah untuk menjaga supaya pertumbuhan pada dunia itu tetap ada. Tarik satu bagian lahan dan bagian tersebut akan berubah menjadi air, diikuti dengan sejumlah rerumputan pada bagian disampingnya. Tarik bagian rumput itu dan pohon akan mulai tumbuh dari bagian tersebut.

Tarik pepohonan tersebut dan kamu akan membuat pohon yang lebih besar disertai dengan munculnya lahan kosong baru. Kemudian kamu bisa gunakan bagian lahan kosong tersebut untuk melanjutkan pertumbuhan hutan di dunia aneh tersebut. Permainan akan berkembang terus sesuai dengan langkah yang kamu ambil.

Berteman Dengan Binatang, Hancurkan Rintangan

Petualanganmu dalam menumbuhkan hutan tidak akan berjalan semulus yang kamu bayangkan. Munculnya pabrik, monumen, dan bahaya lainnya bisa membuat langkahmu terbatas dan satu-satunya cara untuk melewatinya hanyalah dengan bantuan para binatang.

Ketika rintangan tersebut datang, kamu bisa menuntun para binatang untuk berjalan ke arah rintangan yang dimaksud, supaya mereka bisa membereskannya. Disinilah tantangan muncul. Setiap halangan tersebut memiliki waktu yang terbatas. Pemain dipaksa untuk bergerak sebelum batas waktu yang telah ditentukan habis. Melewati batas waktu berarti membiarkan hutan terluka dan ketika hal tersebut terjadi berulang kali, maka game akan berakhir.

Kalem Dan Terkadang Membingungkan

Game kemudian berkembang lagi menjadi lebih kompleks. Secara acak, muncul rintangan baru seperti api dan tetesan oli yang terkadang tidak bisa dihancurkan dengan bantuan binatang sekalipun. Hal itu semakin membatasi ruang gerakmu untuk menumbuhkan hutan.

Untungnya, ketika kamu melakukan kesalahan, game akan memberikan kesempatan kedua. Kamu bisa menggeser dunianya secara vertikal. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan lahan tanah baru yang bisa kamu gunakan untuk menumbuhkan pepohonan baru. Sialnya, hal ini bukan tanpa konsekuensi. Terkadang, lahan yang baru bukan tanah kosong melainkan justru rintangan baru.

Baca Juga:

Kesimpulan

Saya sedikit tidak yakin bagaimana mendeskripsikan game teka-teki yang satu ini. Saya menyukai game ini sekaligus membencinya. Valleys Between menempatkan saya pada dunia penuh intrik, yang terkadang menjebak.

Game ini tidak memberikan sebuah tantangan secara langsung. Valleys Between menjebak saya untuk membuat rintangan saya sendiri, di dunia yang saya buat akibat langkah yang saya ambil. Pertumbuhan yang ada di dalam game adalah sesuai kehendak saya, yang sayangnya tidak selalu berhasil sesuai dengan yang saya kehendaki. Membingungkan.

Sialnya, ketika saya membuat suatu kesalahan, saya tidak tahu bagian mana yang salah. Jadi ketika saya mencoba untuk bermain kembali, saya tetap tidak yakin untuk melangkah karena takut untuk melakukan kesalahan yang sama.

Disitulah mungkin musik latarnya yang dingin menyelamatkan saya. Musiknya dilantunkan pelan dan membuat saya yang setiap kali ingin marah ini menjadi kalem kembali. Alunan tersebut berhasil membuat saya tidak mudah untuk menyerah, mencoba lagi dan lagi untuk membantu pertumbuhan hutan menjadi lebih lama lagi.

Valleys Between berhasil mengenalkan sebuah game penuh intrik yang baru di dunia yang sudah penuh dengan teka-teki. Musiknya yang menghanyutkan hanyalah sebagian dari fitur terbaik yang ditawarkannya. Tetapi pada akhirnya, visualnya yang cantiklah yang membuat saya terus berdiam di dalamnya.

Download Valleys Between

6 Game Singleplayer Seru Untuk Menghabiskan Waktu Dalam Perjalanan


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya