8 Perbedaan Penting iPhone Xr dan iPhone Xs

Senin, 08 Oktober 2018 | 16:30

Apple akan segera menjual iPhone Xr tepatnya tanggal 19 Oktober untuk masa pemesanan dan 26 Oktober mulai dijual secara resmi di Apple Store negara yang mendukung. Mungkin kamu masih bingung, apa saja sih perbedaan yang terdapat di iPhone Xr dan iPhone Xs? Tim MakeMac akan membahasnya secara lengkap di artikel ini . Yuk simak langsung!

8 Perbedaan Penting dari iPhone Xr dan iPhone Xs

1. Dimensi Layar

Perangkat iPhone XR punya ukuran diagonal layar 6.1 inci. Resolusi yang digunakan adalah 1792 x 828 piksel dengan 326 ppi (pixel per inch). Ukuran ini bisa dibilang lebih besar sedikit daripada iPhone 8 (1334 x 750 piksel dengan 326 ppi) namun masih lebih kecil jika dibandingkan dengan iPhone 8 Plus atau iPhone Xs.

2. Layar LCD vs OLED

Karena harga iPhone Xr yang lebih murah $250 dibandingkan iPhone Xs, pastinya ada beberapa teknologi dan kemewahan yang dipangkas pada iPhone tersebut. Bagian yang paling kentara adalah penggunaan layar LCD, bukan OLED.

Kehadiran layar LCD ini membuat iPhone Xr hanya menggunakan teknologi Liquid Retina HD display. Sedangkan iPhone X, iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang menggunakan layar OLED menggunakan teknologi Super Retina HD display.

Meskipun begitu, layar iPhone XR tetap mendapatkan beberapa fitur terbaru yang dikenalkan Apple sejak beberapa tahun lalu di perangkat iOS. Mulai dari True Tone display serta Wide Color (P3). Namun jika dicek lewat catatan Apple, layar iPhone Xr sudah tidak lagi menggunakan teknologi 3D Touch ya.

3. Kamera Tunggal di Belakang

Setelah layar, Apple memangkas teknologi kamera di iPhone Xr untuk menekan harganya. Jika di iPhone X, iPhone Xs dan iPhone Xs Max ada kamera ganda di bagian belakang, perangkat iPhone Xr hanya punya sebuah kamera saja di sisi belakang. Namun karena menggunakan seperangkat sensor Face ID di bagian depan, posisi Flash Camera di belakang harus menyesuaikan dan diubah menjadi di bagian bawah kamera.

Meskipun hanya menggunakan kamera tunggal, iPhone XR kabarnya tetap dapat menggunakan teknologi Portrait Mode dengan Depth Control serta Portrait Lighting yang dibatasi hanya 3 efek (Natural, Studio, Contour) dan Smart HDR.

Sedangkan di iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xs dan iPhone Xs Max mendukung Portrait Lighting dengan efek lebih banyak yaitu Natural, Studio, Contour, Stage dan Stage Mono.

4. Warna

Masih ingat iPhone 5c yang tampil dengan beberapa warna? Hal yang sama kembali terjadi di perangkat iPhone Xr. Kamu bisa memilih iPhone Xr dengan 6 pilihan warna yaitu Blue, White, Black, Yellow, Coral dan (PRODUCT)RED. Sedangkan untuk iPhone Xs dan iPhone Xs Max hanya tersedia dalam pilihan warna Silver, Space Gray dan Gold.

Satu hal lagi yang harus kamu tahu dari bodi iPhone Xr adalah material yang digunakan pada bagian bezel. Apple menggunakan bahan aluminium untuk bezel iPhone Xr, sedangkan iPhone Xs menggunakan bahan stainless steel.

Baca Juga:

5. Kemampuan Tahan Air

Perangkat iPhone Xr datang dengan sertifikasi tahan air setara dengan yang dimiliki oleh iPhone 8 yaitu IPX67. Standar ini memberikan keterangan bahwa perangkat tersebut bisa tahan di dalam air hingga 1 meter dan dalam waktu hingga 30 menit.

Lanjut untuk iPhone Xs dan iPhone Xs Max, standar tahan air yang digunakan adalah sertifikat IP68. Yaitu kemampuan tahan di dalam air hingga 2 meter dalam waktu maksimal 30 menit. Namun tetap saja Apple tidak memberikan garansi untuk masalah kerusakan terhadap air, dapat kamu baca di laman Apple Support berikut ini.

6. Paling Penting! Baterai

Kapasitas baterai iPhone Xr ternyata lebih besar dibandingkan iPhone Xs. Jika melihat pada catatan yang pernah tim MakeMac bagikan, baterai iPhone Xr ada dalam ukuran 2.942mAh, sedangkan iPhone Xs di 2.658mAh.

Jika dicek pada laman Apple Compare iPhone, durasi penggunaan iPhone Xr juga tercatat lebih lama. Bahkan bisa dibilang hampir mendekati penggunaan baterai di iPhone Xs Max yang lebih besar lagi, 3.174mAh. Silakan cek langsung datanya lewat gambar di atas ya.

7. Storage

Bagimana dengan kapasitas penyimpanan? Sama saja dengan iPhone Xs dan iPhone Xs Max yaitu ada 3 pilihan. Namun iPhone Xr menggunakan pilihan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone Xs, iPhone Xs Max menggunakan pilihan 64GB, 256GB dan 512GB.

Besaran ukuran kapasitas penyimpanan tentunya sangat berpengaruh dengan harga produk yang dijual. Apple juga hanya menghadirkan kapastias 512GB untuk iPhone Xs dan iPhone Xs Max bukan tanpa alasan. Opsi ini diberikan untuk menjelaskan bahwa iPhone Xs dan iPhone Xs Max adalah produk unggulan mereka di tahun 2018 dengan opsi storage paling besar yang ada selama ini yaitu 512GB.

8. Koneksi LTE

Salah satu teknologi baru di iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang tidak terlalu dibahas adalah mode Gigabit-class LTE. Dengan standar baru ini, kamu bisa mendapatkan [kecepatan koneksi LTE](Review Super Cat Tales 2, Berpetualang Sebagai Kucing Super https://makemac.com/s/bz1) hampir 2x lipat lebih kencang dibandingkan iPhone sebelumnya.

Sayangnya teknologi tersebut tidak diberikan Apple di iPhone Xr. Calon pengguna iPhone Xr harus puas dengan teknologi LTE Advanced yang sebelumnya sudah tersedia di iPhone 8 dan generasi sebelumnya. Tidak terlalu menjadi masalah menurut saya, mengingat koneksi LTE di Indoensia juga belum bisa dianggap merata hingga ke semua pelosok.

Pilih yang Mana?

Jika kamu diberikan opsi untuk memilih iPhone Xs dan iPhone Xr, mana yang akan kamu ambil? Apakah iPhone XR karena harga yang lebih murah dan hadir dalam beragam pilihan warna? Atau iPhone Xs yang menggunakan dual kamera belakang dan punya opsi 512GB storage? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

iPhone Xs Max dengan Dual Nano SIM Bisa Digunakan di Indonesia


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan