Alat Jebol Passcode ‘GrayKey’ Tidak Berfungsi di Perangkat iOS 12

Kamis, 25 Oktober 2018 | 09:29

Masih ingat dengan GrayKey? Alat jebol passcode lock untuk produk iOS yang dijual khusus untuk pemerintahan dan peneliti keamanan, kini sudah tidak dapat digunakan di perangkat dengan iOS 12.

Informasi ini dibagikan oleh Forbes dengan narasumber beberapa pihak yang dirahasiakan. Tidak ada penjelasan mengenai metode yang digunakan Apple untuk memblokir GrayKey di iOS 12. Hal tersebut disampaikan oleh Vladimir Katalov, CEO dari perusahaan peneliti keamanan digital ElcomSoft.

No idea. It could be everything from better kernel protection to stronger configuration-profile installation restrictions

The kernel is the core part of the operating system, from which the rest of iOS launches. Configuration profiles typically allow individuals and companies to customize the ways in which iOS apps work.

Baca Juga:

GrayKey dijual oleh perusahaan bernama Grayshift yang bertujuan untuk menciptakan alat penjebol passcode lock di perangkat iOS. Dalam beberapa catatan sebelumnya, GrayKey bisa bekerja sangat cepat.

Yaitu cukup 6.5 menit saja untuk menjebol passcode lock dengan 4 digit angka. Sedangkan untuk passcode lock yang menggunakan 6 digit angka memerlukan waktu hingga 11 jam.

Karena kemungkinan penyalahgunaan yang dapat dilakukan dengan alat tersebut, Grayshift hanya menjual alat ini kepada pihak yang punya kepentingan khusus. Seperti peneliti keamanan atau pihak pemerintah yang memerlukan – kepolisian misalnya.

Mundur ke iOS 11, Apple sudah mengenalkan USB Restricted Mode untuk menjaga perangkat iOS supaya lebih aman dari koneksi USB saat tidak digunakan. Fitur ini tetap dibawa ke iOS 12 dan sepertinya semakin disempurnakan untuk mencegah alat GrayKey dapat berfungsi.

Kepolisian Amerika Serikat Borong Alat Jebol Passcode Lock ‘GrayKey’


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan