Follow Us

Haptic Touch di iPhone XR Segera Tambah Dukungan Mirip 3D Touch

Bagus Hernawan - Jumat, 09 November 2018 | 09:11
Haptic Touch di iPhone XR Segera Tambah Dukungan Mirip 3D Touch

Perangkat iPhone XR yang menggunakan layar LCD, menjadi iPhone terbaru yang tidak lagi mendukung 3D Touch. Fitur yang digunakan dengan cara tekan dan tahan layar untuk akses beberapa mode tersembunyi ini telah digantikan dengan Haptic Touch.

Dalam masa awalnya Haptic Touch baru tersedia di bagian Lockscreen untuk akses kamera dan cahaya flash serta beberapa lainnya. Caranya adalah tekan dan tahan selama sepersekian detik, beda dengan 3D Touch yang harus ditekan dan tahan lebih kuat.

Namun menurut 9To5Mac, mereka menemukan catatan baru untuk Haptic Touch di iOS 12.1.1 Beta. Yaitu fitur ini akan segera mendukung mode notifikasi seperti yang kamu kenal dengan 3D Touch.

… pressing on a notification to see the rich content and action buttons does not respond to varying levels of force. It just pops open when force is detected. On iPhone XR, the iOS 12.1.1 beta substitutes a long press. Just long-press on a notification banner to see more.

Baca Juga:

Masih dikutip dari laman sumber, perbedaan 3D Touch dan Haptic Touch yang paling mendasar adalah durasi sistem untuk merespon sentuhan ke layar.

Perangkat yang mendukung 3D Touch tidak akan memberikan respon yang ambigu karena pengguna harus secara sadar menyentuh layar dan tekan lebih dalam untuk mengaktifkan mode tersebut.

Sedangkan Haptic Touch hanya mendukung mode tekan di layar dan jangan dilepas selama waktu yang singkat untuk akses fiturnya.

Bagian yang cukup aneh dari fitur ini adalah baru diuji di iPhone XR, namun sudah tersedia di perangkat iPad. Padahal jelas sekali tidak ada 3D Touch pada perangkat iPad.

Saat ini iOS 12.1.1 baru diuji hingga versi Beta 2 dan pastinya akan terus mendapatkan perbaikan di Beta selanjutnya hingga rilis untuk pengguna umum dalam waktu dekat.

Apakah ada Sahabat MakeMac yang sudah menggunakan iPhone XR? Bagaimana tanggapan kamu mengenai Haptic Touch?

Apple Batalkan Produksi Tambahan iPhone XR Jelang Musim Liburan


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest