Follow Us

RAM di Mac Mini 2018 Bisa Diganti dengan Mudah

Bagus Hernawan - Jumat, 09 November 2018 | 09:11
RAM di Mac Mini 2018 Bisa Diganti dengan Mudah

Mac Mini generasi terbaru alias tahun 2018 ternyata mendukung proses ganti RAM dengan mudah. iFixit, website yang selalu menyajikan beragam panduan untuk bongkar dan perbaiki produk Apple, telah membagikan panduan ganti RAM di Mac Mini 2018.

Bicara mengenai RAM, Mac Mini menggunakan RAM dengan tipe SODIMM seperti pada laptop umumnya. Secara rinci spesifikasi RAM yang dapat digunakan adalah 2666MHz DDR4. Slotnya ada sepasang jadi kamu bisa upgrade dari 8GB menjadi 16GB, 32GB, atau 64GB.

Kamu hanya perlu beberapa alat saja untuk membongkar Mac Mini 2018 dan mengganti RAM. Yaitu obeng Torx T5, T6 dan T10 serta Spudger. Panduan lengkapnya dapat kamu simak di laman berikut ini.

Prosesnya tidak banyak, hanya ada 12 langkah yang harus kamu perhatikan dengan seksama. Terutama di bagian awal saat membuka penutup luar dan akses ke antena yang menjadi lapisan penutup kedua.

Baca Juga:

Sebagai catatan, komponen hardware yang bisa diganti secara mudah di Mac Mini 2018 hanya RAM. Memori penyimpanan dalam format Flash Storage dibuat menyatu dengan mesin.

Jadi jika kamu ingin menggunakan Mac Mini dalam kapasitas penyimpanan besar, jangan beli versi yang menggunakan SSD 128GB. Atau jika sudah terlanjur, silakan tambah anggaran kamu untuk membeli SSD Eksternal dengan konektor USB-C sebagai memori penyimpanan tambahan.

Mac Mini terkenal sebagai komputer desktop dari Apple yang paling kecil, terjangkau dan cocok untuk kamu yang baru mulai menggunakan produk Apple. Produk ini dijual mulai dari $799 dan kamu bisa menggunakan mouse, keyboard dan monitor yang sudah dimiliki sebelumnya.

Mac Mini Baru: Lebih Kuat, Cepat, dan Tetap Ramah Lingkungan


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest