Follow Us

Gedung Steve Jobs Theater Raih Penghargaan di Structural Awards 2018

Bagus Hernawan - Senin, 26 November 2018 | 10:29
Steve Jobs Theater

Steve Jobs Theater

Steve Jobs Theater, salah satu gedung di Apple Park yang didgunakan untuk mengenang mendiang Steve Jobs baru saja mendapatkan penghargaan dari Structural Awards 2018.

Secara spesifik, gedung ini mendapatkan penghargaan Structural Artistry alias Seni Struktural.

Dikutip dari 9To5Mac, salah satu bagian yang menjadi perhatian dari juri adalah instalasi kabel dan pipa yang ditata sangat rapi dan tersembunyi.

The structural systems were designed so that the conduits, sprinkler pipes, data, audio and security systems needed in the roof could be accommodated in the 30mm joints between the glass panels.

Baca Juga:

Panel kaca dan atap di Steve Jobs Theater

Panel kaca dan atap di Steve Jobs Theater

Gedung Steve Jobs Theater biasa digunakan untuk acara Apple Event yaitu mengenalkan beragam produk baru dari Apple. Gedung ini berbentuk oval dan ruang auditorium utama yang terletak di bawah tanah dengan daya tampung sangat besar.

Bagian terbaik dari desain Steve Jobs Theater adalah panel kaca di seluruh sisi gedung, membuatnya tampak megah dan sinar matahari bisa masuk ke dalam gedung dengan mudah.

Spesifikasi panel kacanya adalah tinggi 7 meter, empat lapisan tebal setiap sisi 12mm. Panel kaca ini juga yang digunakan untuk menahan atap tanpa dukungan tambahan atau tiang di bagian tengah.

Desain tersebut menjadikan Steve Jobs Theater sebagai gedung dengan struktur terbesar di dunia yang hanya didukung oleh kaca.

Sedangkan untuk atapnya menggunakan bahan serat karbon 47 meter dan terdiri dari 44 panel radial. Semuanya dipasang di lokasi dan diangkat dengan posisi yang sama dalam sekali pengerjaan. Berat totalnya mencapai 80 ton.

Editor : Bagus Hernawan

Latest