Follow Us

Komputer Mac di 2018 Punya Pengaturan Dua Audio Port Terpisah

Bagus Hernawan - Senin, 26 November 2018 | 12:50
Komputer Mac di 2018 Punya Pengaturan Dua Audio Port Terpisah

Apple diam-diam punya perubahan menarik di bagian pengaturan Sound pada perangkat komputer Mac 2018, yaitu Mac Mini dan MacBook Air Retina Display.

Pengaturan yang saya maksud adalah mode suara untuk speaker dan headphone jack yang kini terbagi dalam 2 mode output secara terpisah. Sebelumnya, kedua port ini tetap bermuara pada sebuah mode output di komputer yang dapat digunakan secara bergantian.

Namun di Mac tahun 2018, Apple mengubah modenya menjadi 2 output yang terpisah sejak awal. Hal ini ditemukan oleh Rogue Amoeba selaku pengembang Audio Hijack.

With these new Macs, there are actually two distinct output devices. The headphone jack and the internal speakers are separate devices, completely independent from one another.

Baca Juga:

Aplikasi Audio Hijack

Aplikasi Audio Hijack

Teknologi baru ini memungkinkan kamu untuk memutar 2 dokumen audio pada masing-masing output. Contohnya dengan bantuan aplikasi Audio Hijack, tim Rogue Amoeba dapat mengatur output suara dari iTunes ke headphone dan output suara dari Spotify ke speaker internal.

Sebagai tambahan, Apple memberikan pengaturan memutar Sound Effect di port output yang kamu pilih. Pengaturan ini ada di System Preferences - Sound - Sound Effect.

Dengan pengaturan ini, kamu dapat memilih port internal speaker untuk output dari sound effect sehingga musik yang didengarkan lewat headphone tidak akan mengalami gangguan.

Sebagai tambahan catatan, mode Auto-Switching masih tetap bekerja seperti yang selama ini kamu gunakan. Misalkan saat sedang memutar musik lewat perangkat headphone dan mendadak kamu cabut kabelnya di port Headphone Jack, musik akan secara otomatis diputar melalui port internal speaker.

Tim Rogue Amoeba menemukan informasi tambahan bahwa pengaturan yang sama juga tersedia di komputer MacBook Pro 2018 dan iMac Pro. Nampaknya pengaturan baru ini hadir di semua komputer Mac yang menggunakan Apple T2 Chip.

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular